Jangan Mulai Persiapan Hari H sebelum Mengenal Perbedaan Seserahan dan Mahar Pernikahan!

28/06/2024

Pernikahan merupakan momen paling dinanti oleh dua insan yang akan menyatukan cinta dalam sebuah ikatan suci. Persiapan pernikahan seringkali melibatkan banyak tradisi, termasuk dalam hal seserahan dan mahar. Di berbagai tradisi pernikahan, keduanya merupakan bagian penting. Namun, masih banyak orang yang merasa bingung dengan perbedaan seserahan dan mahar. Bahkan masih ada yang memahami maknanya secara tertukar. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Pada dasarnya, mahar pernikahan dan seserahan adalah pemberian dari mempelai pria untuk mempelai wanita sebagai bukti ketulusan, kesetiaan, dan kemampuan sang calon suami untuk mencukupi kebutuhan calon istrinya. Nah, jika Anda hendak melangsungkan pernikahan, sebaiknya memahami terlebih dahulu perbedaan antara seserahan dan mahar. Berikut penjelasannya.

Perbedaan Seserahan dan Mahar Pernikahan

Seserahan

Seserahan melambangkan kesiapan seorang pria untuk memenuhi kebutuhan calon istri dan keluarganya. Selain itu, seserahan juga menjadi lambang keseriusan seorang pria untuk mencintai dan setia bagi pengantin wanita. Meski mirip dengan mahar pernikahan, namun yang menjadikannya berbeda adalah seserahan bersifat tidak wajib dan bukan suatu syarat supaya pernikahan bisa sah.

Isi seserahan biasanya sesuai kesepakatan tiap pasangan dan pihak keluarga.  Seserahan pada umumnya berupa barang-barang kebutuhan calon mempelai wanita seperti kosmetik, pakaian, kain, hingga perhiasan.

Mahar Pernikahan

Lantas apa itu mahar pernikahan? Istilah ‘mahar’ sebenarnya berasal dari bahasa arab yang yang memiliki arti harfiah adalah ‘maskawin’. Mahar pernikahan adalah pemberian wajib dari mempelai pria ke mempelai wanita. Mahar merupakan hak calon pengantin wanita dan merupakan syarat sah pernikahan, khususnya dalam pernikahan umat Islam.

Pemberian mahar pernikahan memiliki makna filosofis yang mendalam, yakni sebagai bukti kemampuan dan kesungguhan mempelai pria untuk menjalani kehidupan baru rumah tangga bersama calon istri. Mahar pernikahan juga memiliki makna sebagai bentuk penghormatan dan memuliakan sang pengantin wanita.

Pada umumnya, mahar pernikahan berupa barang-barang yang bisa dijadikan sebagai alat tukar, seperti uang, perhiasan hingga logam mulia. Setiap barang yang dijadikan mahar pernikahan memiliki makna personal kepada masing-masing mempelai. Jika Anda sedang bingung memilih mahar pernikahan, berikut beberapa pilihan ide barang yang bisa Anda jadikan mahar untuk pasangan.

Inspirasi Mahar Pernikahan untuk Pasangan

1. Uang

Uang menjadi mahar pernikahan yang paling umum diberikan oleh seorang pria kepada calon istri. Nominal uang yang diberikan sebagai mahar biasanya telah disepakati kedua mempelai dan keluarga. Ada pula yang memberikannya dalam jumlah nominal yang unik, seperti angka-angka spesial yang memiliki makna bagi kedua mempelai.

2. Logam Mulia

Logam mulia juga populer dijadikan mahar pernikahan. Emas atau logam mulia dianggap tepat mengingat nilainya yang stabil dan cenderung naik seiring berjalannya waktu. Emas yang diberikan sebagai mahar pernikahan dapat berupa batangan atau berbentuk perhiasan.

3. Seperangkat Peralatan Ibadah

Peralatan ibadah juga menjadi mahar pernikahan yang umum. Ini menjadi salah satu mahar yang paling banyak diberikan kepada mempelai wanita yang mengiringi makna yang dalam dari inti pernikahan, yakni beribadah. Tidak hanya itu, peralatan ibadah dapat dimaknai sebagai isyarat bahwa rumah tangga akan dipenuhi dengan nilai-nilai yang baik.

4. Perhiasan

Perhiasan adalah salah satu mahar pernikahan yang sempurna untuk diberikan kepada mempelai wanita. Selain memiliki nilai, perhiasan tentunya adalah beauty investment terbaik untuk setiap wanita. Perhiasan emas dengan berlian memiliki pesona yang elegan baik dijadikan sebagai koleksi atau perhiasan penunjang penampilan.

Mahar pernikahan dalam bentuk perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, anting-anting, dan lain sebagainya bisa dipakai untuk mempercantik penampilan. Kadar kemurnian perhiasan emas yang ideal sebagai mahar pernikahan yakni 75%. Tentunya Anda perlu memastikan sertifikat perhiasan saat membelinya sehingga dapat dicek validitasnya.

Mahar pernikahan memiliki makna filosofis yang mendalam. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih perhiasan berkualitas tinggi jika akan dijadikan mahar pernikahan. Berikanlah jewelry set dari koleksi I Said MONDIAL yang cocok sempurnakan momen istimewa Anda.

Koleksi I Said MONDIAL sempurna jadi pilihan Anda. Terinspirasi dari perasaan cinta spesial yang harus dinyatakan dengan cara yang spesial pula, koleksi ini hadir dengan ragam perhiasan, seperti bangle , ladies ring , hingga pendant berhiaskan berlian eksklusif untuk menemani perjalanan cinta dua insan.

Berikan Mahar Pernikahan Sempurna dari Koleksi I Said MONDIAL

Kemewahan dari MONDIAL memang menjadi pilihan sempurna untuk melengkapi berbagai momen yang penuh makna, termasuk pernikahan. Selain itu, Anda juga bisa melihat koleksi MONDIAL Dreams , perhiasan eksklusif yang bertatahkan berlian premium.

MONDIAL Dreams Koleksi Perhiasan Istimewa untuk Menyempurnakan Momen Anda dan Pasangan

MONDIAL mempersembahkan koleksi bertajuk MONDIAL Dreams yang menyoroti kemewahan di setiap desainnya. Tak hanya indah, koleksi ini juga memiliki makna filosofis yang mendalam. Koleksi ini terinspirasi dari impian menakjubkan setiap orang yang berusaha dicapai, karena tiap perhiasan dalam koleksi ini bertatahkan berlian yang dibentuk seindah mungkin setelah melalui proses crafting yang panjang dan detail.

Koleksi MONDIAL Dreams terinspirasi dari berbagai usaha yang perlu diraih untuk mencapai impian besar. Seperti halnya berlian dan ragam bentuknya, yang telah melalui banyak proses untuk menghasilkan karya perhiasan indah.

Salah satu perhiasan di koleksi #MONDIALDreams hadir dalam gelang berlian yang bisa jadi pilihan sempurna untuk menghiasi pergelangan tangan. Gelang bertatahkan berlian dalam potongan round dan baguette ini tampil elegan dan memesona. Cincin berlian dengan desain yang senada juga akan meningkatkan penampilan jadi lebih glamor.

Perhiasan MONDIAL Dreams yang Cocok Jadi Rekomendasi Mahar Pernikahan

Kualitas tinggi dari MONDIAL sebagai the international diamond jewelry brand selalu terjaga dalam konsistensi dan inovasinya dalam menghasilkan perhiasan berlian terbaik. Salah satu inovasi MONDIAL yang terbaru adalah campaign eksklusif bersama Nicholas Saputra.

MONDIAL #AllAroundDivision Campaign yang Dibintangi Nicholas Saputra

"All Around Division" adalah campaign terbaru MONDIAL yang menampilkan Nicholas Saputra sebagai sosok tak tergantikan di seluruh lini brand MONDIAL. Sebagai brand ambassador , nilai-nilai, talenta, gaya, dan reputasi Nicholas selaras dengan citra MONDIAL.

Nicholas Saputra dalam Campaign Eksklusif MONDIAL All Around Division

Lebih dari sekadar kolaborasi biasa, Nicholas memiliki akses eksklusif untuk menjelajahi segala aspek MONDIAL. Pesonanya yang serba bisa dan kharismanya menginspirasi kepercayaan diri dan merayakan keindahan unik setiap individu.

Selain itu, karya dan kreativitas Nicholas Saputra dapat Anda lihat dari perannya sebagai Creative Director MONDIAL Precious, dengan turut terlibat dalam proses desain dengan memastikan setiap perhiasan mencerminkan legacy brand dan memenuhi kebutuhan kilau memukau untuk para pelanggan. Salah satunya bisa Anda lihat pada koleksi MONDIAL Precious Pointe Men’s Ring . Koleksi cincin pria dengan tatahan berlian MEC Ultimate serta precious stone yang memancarkan sisi presisi dan kemewahan tak tertandingi.

Cincin Pria MONDIAL Precious Pointe dari MONDIAL x Nicholas Saputra

Berlian MONDIAL Excellent Cut Ultimate adalah perhiasan berlian yang telah diseleksi ketat dengan penilaian lebih daripada Triple Excellent Cut GIA. Selain koleksi MEC Ultimate, MONDIAL sebagai House of Brands menghadirkan merk perhiasan berlian berkualitas tinggi dari koleksi lainnya, seperti Mondial Excellent Cut (MEC) Ultimate , Light of Mondial, Brilliant Rose , dan FireMark . MONDIAL juga menghadirkan mutiara murni pertama di dunia dengan sertifikat GIA dan kilau sempurna yaitu MONDIAL Excellent Pearl.

Temukan Perhiasan sebagai Mahar Pernikahan Terbaik di Butik MONDIAL!

Temukan berbagai perhiasan di butik MONDIAL yang cocok jadi rekomendasi mahar pernikahan yang istimewa dan berkesan! Butik #MONDIAL merupakan destinasi yang tepat bagi para pencinta perhiasan berkualitas yang menyukai kemewahan. MONDIAL menghadirkan beragam perhiasan berlian dengan fancy color , fancy shape , serta fancy construction sebagai bentuk konsistensi MONDIAL sebagai the international diamond jewelry brand .

Dengan desainnya yang mengusung #ImDifferent, koleksi perhiasan MONDIAL selalu jadi incaran para pencinta perhiasan. Segera kunjungi butik-butik MONDIAL dan temukan model perhiasan mahar pernikahan terbaik untuk momen istimewa Anda dan pasangan. Anda juga bisa cek update terbaru perhiasan MONDIAL dengan mengunjungi website MONDIAL dan follow official Instagram MONDIAL !

#Mondial

#ImDifferent

#MONDIALDreams

#AllAroundDivision

More News

28/06/2024 Jangan Mulai Persiapan Hari H sebelum Mengenal Perbedaan Seserahan dan Mahar Pernikahan!
 
25/06/2024 Inspirasi Perhiasan High End Brand yang Dikenakan para Selebriti di Red Carpet
 
23/06/2024 Top 6 Ide Hadiah Pernikahan Spesial untuk Suami Tercinta
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!