Yuk Intip Bedanya Seserahan Lamaran dan Seserahan Pernikahan

24/03/2022
modnial

Seserahan adalah salah satu elemen penting baik dalam momen lamaran maupun pernikahan di Indonesia. Seserahan lamaran dan pernikahan menjadi simbol kesanggupan pria untuk mencukupi kebutuhan wanita yang akan dipinangnya. Barang-barang yang ‘diserahkan’, memiliki makna dan doa untuk kesejahteraan kedua calon mempelai dalam biduk rumah tangga.

Saat ini, pihak mempelai wanita pun dapat aktif meminta atau memilih langsung benda-benda apa saja yang masuk dalam list seserahan untuk lamaran. Hal ini tentu lebih efektif agar barang-barang itu nantinya sesuai kebutuhan dan style mempelai wanita yang akan digunakan sehari-hari saat menjadi istri dan ibu kelak.

Perbedaan barang-barang seserahan untuk lamaran dan pernikahan

Seserahan untuk lamaran dan seserahan untuk pernikahan ternyata berbeda, lho . Beberapa item barang-barang yang dibawa calon mempelai pria saat melamar dan saat hari pernikahan cenderung berbeda. Yuk, intip apa saja seserahan lamaran dan pernikahan di Indonesia!

Kue Tradisional, Kue Tart Modern, Hingga Buah-buahan

Tidak hanya barang-barang yang bisa dikenakan mempelai wanita, seserahan untuk lamaran biasanya juga mencakup makanan dan buah-buahan. Bentuknya pun bisa berupa aneka kue tradisional yang dihias dalam tampah atau nampan, kue tart dengan dekorasi menawan, hingga kue-kue bernuansa modern maupun aneka panganan untuk lauk pauk nan lezat. Selain bisa disantap, aneka makanan tradisional maupun buah-buahan bisa mempercantik jajaran seserahan lamaran sederhana karena warna-warninya yang mencolok dan indah.

Barang Untuk Perawatan Wanita

Barang-barang kebutuhan perawatan wanita misalnya skincare maupun kosmetik biasanya diberikan untuk seserahan untuk pernikahan saja. Mempelai pria disarankan terlebih dahulu bertanya langsung kepada calon mempelai wanita mengenai brand yang biasa dipakai. Namun, ada beberapa mempelai pria yang juga memberikan makeup sebagai contoh seserahan meliputi f oundation, eyeshadow , lipstik, bedak, dan lain-lain. Seserahan untuk perawatan diri seperti sampo, sabun mandi, body lotion , parfum, hingga skincare juga biasa diberikan saat hari pernikahan saja.

Barang yang Dipakai dari Ujung Rambut sampai Ujung Kaki

Tidak hanya untuk perawatan, barang seserahan juga meliputi barang-barang yang dipakai wanita dari ujung rambut sampai ujung kaki. Seserahan ini sebagai simbol bahwa mempelai pria siap memenuhi semua kebutuhan istrinya dalam kehidupan rumah tangga. Barang-barang ini seringkali masuk list seserahan untuk lamaran. Namun, saat pernikahan seserahan berupa barang kebutuhan ini biasanya lebih lengkap dan detail. Misalnya saja, Al-Qur’an dan seperangkat alat sholat sebagai simbol rumah tangga yang didasari agama untuk umat Islam.

Maskawin dan Perhiasan

Terakhir, barang yang mempunyai makna mendalam adalah maskawin dan perhiasan. Jika pada seserahan lamaran cincin berlian wanita kerap digunakan sebagai tanda pengikat, maka pada pernikahan maskawin adalah seserahan yang wajib. Seserahan pernikahan satu ini biasanya berupa perhiasan emas, perhiasan berlian wanita, atau bahkan logam mulia. Jejeran perhiasan bisa berupa kalung berlian mewah, cincin berlian asli, gelang, pendant, dan sebagainya.

seserahan-lamaran

Seserahan lamaran dari MONDIAL

MONDIAL, sebagai salah satu merek perhiasan internasional ternama mempunyai deretan koleksi yang bisa Anda rekomendasikan sebagai contoh seserahan lamaran maupun pernikahan. Perhiasan berlian mewah bisa menjadi simbol keseriusan mempelai pria dan menghargai wanita calon istrinya.

Salah satunya adalah Engagement Ring Collection yang terinspirasi dari cinta spesial yang harus dinyatakan dengan cara yang istimewa pula. Koleksi ini hadir dengan 13 desain pilihan cincin berlian mewah untuk menemani Anda dan pasangan melangkah ke jenjang selanjutnya.

Koleksi cantik dengan fancy shape diamonds 0.1 sampai 2 carat ini juga hadir bersamaan dengan kampanye MONDIAL “I Said MONDIAL”. Kampanye ini ditujukan untuk pasangan yang akan melamar kekasih hatinya ataupun memberikan kado cinta pada yang terkasih. Tentunya, kekasih hati hanya akan menjawab “Yes” ketika diberikan MONDIAL, hanya MONDIAL.

Beragam koleksi lengkap MONDIAL lainnya juga dapat Anda temui dengan mengunjungi laman website MONDIAL atau official Instagram MONDIAL !

Berita Lainnya

23/04/2024 Mengapa Berlian Paling Cocok untuk Cincin Couple Tunangan?
 
02/04/2024 Mengapa Diamond Jewellery Berkualitas Tinggi Perlu Sertifikasi?
 
01/04/2024 6 Tips Tampil Menawan Saat Lebaran Memakai Bracelet Elegan
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS