Wajib Tahu, Ini Alasan Wanita Pakai Cincin Lamaran di Jari Kiri

26/07/2022
mondial774

Pada 1477, Archduke Maximilian dari Austria memberikan cincin berlian saat melamar sang kekasih, Mary of Burgundy. Hal ini lantas ditiru oleh pria seluruh dunia dan masih berlangsung hingga kini. Cincin lamaran dikenal sebagai simbol komitmen yang mengindikasikan keintiman dan koneksi yang kuat antara dua manusia. Simbol ini diberikan untuk  memberikan rasa aman dan keyakinan dalam sebuah hubungan.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa cincin lamaran disematkan di jari manis tangan kiri wanita? Ya, umumnya wanita mengenakan cincin lamaran di jari manis tangan kiri. Ternyata hal tersebut memiliki alasan tersendiri, lho .

Terdapat sebuah keyakinan kuno yang menganggap jari manis tangan kiri wanita adalah satu-satunya jari yang nadinya mengalir ke jantung mereka. Melingkarkan cincin di jari melambangkan cinta abadi dan keterikatan hidup dengan seseorang. Selain itu, dalam bahasa Latin, vena jari manis kiri dikenal sebagai vena amoris yang berarti ' vena cinta’ .

Cincin Merupakan Simbol Cinta

Zaman dahulu, cincin dianggap sebagai simbol cinta sejati karena bentuknya yang melingkar dan tidak memiliki akhir atau awal.

Beberapa orang percaya mengenakan cincin lamaran di jari manis kiri akan membantu wanita dalam menumbuhkan ikatan emosional dengan pasangan hidupnya. Hal ini juga menunjukkan pasangan hidup kamu merupakan orang yang paling dekat di hatimu.

Namun, banyak dari mereka yang mengenakan cincin pertunangan di jari manis kiri hanya sampai saat mereka menikah. Setelah menikah, biasanya mereka akan mengenakan cincin di jari manis kanannya.

Berbeda-beda Budaya

Meski sering digunakan di jari manis tangan kiri, namun terdapat perbedaan dalam mengenakan cincin lamaran atau pertunangan di beberapa negara. Mereka memiliki budaya yang berbeda, seperti Rusia, Yunani, dan Colombia. Dalam budayanya, masyarakat di negara tersebut memakai cincin pertunangan di jari manis kanan mereka. Beberapa orang juga justru merasa tidak nyaman ketika memakai cincin di jari manis kirinya.

Di Indonesia sendiri, tidak ada kebiasaan atau budaya mengenai cara pemakaian cincin pertunangan. Cincin bisa dikenakan di mana saja, baik itu di tangan sebelah kiri maupun di kanan, asal dianggap nyaman.

Nah, jika sudah mengenakan cincin lamaran, ini menandakan hubungan sepasang kekasih telah 'diikat' satu sama lain. Secara tak langsung, cincin lamaran untuk menunjukkan pada orang lain kalau keduanya sudah memiliki pasangan dan segera menikah.

Bagi kamu yang ingin menunjukkan niat serius dalam membawa hubungan menuju sebuah ikatan pernikahan, ini saatnya untuk memberikan cincin lamaran kepada sang pujaan hati.

Rekomendasi Cincin Lamaran

mondial778

Rekomendasi Cincin Lamaran dari MONDIAL

Namun, memilih model cincin lamaran tak kalah penting dibandingkan dengan memilih cincin kawin. Bahkan ada beberapa pasangan yang menjadikan cincin lamaran menjadi cincin kawinnya. Tinggal ditambahkan atau di- upgrade cincin lamaran pun bisa menjadi cincin kawin.

Maka dari itu pemilih cincin tunangan tak bisa asal pilih, kamu harus memikirkan betul-betul agar bentuk dan desainnya sesuai dengan yang kamu mau. Ini rekomendasi yang bisa jadi inspirasi cincin lamaran.

Cincin Lamaran Terbaru dari MONDIAL

Cincin tunangan terbaru dengan desain unik dan berbeda, yaitu Engagement Ring Collection dari MONDIAL ini wajib menjadi pilihan kamu. MONDIAL merupakan merek perhiasan internasional ternama sejak 1979 yang selalu mengutamakan warisan makna dan keterampilan seniman dalam setiap hasil karyanya. Di bawah naungan PT Central Mega Kencana (CMK), perusahaan perhiasan berlian terpercaya yang berkualitas tinggi, MONDIAL mempersembahkan koleksi model cincin lamaran terbaik tidak hanya pada kreasi keindahannya namun juga dalam hal kualitas material terbaik dari seluruh dunia.

Koleksi Engagement Ring dari MONDIAL terinspirasi dari perasaan cinta antara pasangan yang harus ditunjukkan dengan cara yang berbeda. Model cincin lamaran Engagement Ring Collection dari MONDIAL menggunakan berlian dan desain yang berbeda dari kebanyakan merek perhiasan lainnya.

Berlian yang dipakai pada berbagai model cincin lamaran ini berupa fancy shape diamonds, seperti heart shape, princess/square shape, marquise shape , serta pear shape . Berat dari masing-masing berlian juga beragam, sampai lebih dari 2 carat.

Desain Engagement Ring Collection dari MONDIAL semakin elegan karena dipadukan dengan emas bernuansa rose gold dan white gold dengan berat bervariasi. Koleksi ini terdiri dari 13 desain cincin berlian yang dibuat dengan craftsmanship yang sempurna, sehingga menghasilkan model cincin lamaran berlian mewah yang dapat melengkapi momen indah bersama pasangan. Beberapa yang bisa kamu pilih adalah ladies ring dengan round shape diamond dan ladies ring dengan heart shape diamond yang manis. Pasti lamaranmu akan langsung diterima oleh sang kekasih!

Untuk informasi lengkap mengenai inspirasi cincin lamaran dan perhiasan berlian dari MONDIAL lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi web resmi MONDIAL atau official Instagram MONDIAL !

Berita Lainnya

23/04/2024 Mengapa Berlian Paling Cocok untuk Cincin Couple Tunangan?
 
02/04/2024 Mengapa Diamond Jewellery Berkualitas Tinggi Perlu Sertifikasi?
 
01/04/2024 6 Tips Tampil Menawan Saat Lebaran Memakai Bracelet Elegan
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS