Perbedaan Tunangan dan Lamaran, Haruskah Pakai Engagement Ring?

16/03/2022
mndial

Apa sebenarnya perbedaan tunangan dan lamaran? Mana di antara keduanya yang memerlukan engagement ring ? Bagi Anda yang akan melangkah ke jenjang lebih serius bersama pasangan, pertanyaan-pertanyaan semacam ini tentu pernah terlintas dalam pikiran.

Jika dilihat sekilas, tunangan dan lamaran memang terlihat mirip. Keduanya melibatkan prosesi penyematan cincin tunangan. Namun, benarkah keduanya adalah hal yang sama? Agar tidak salah memahami dan berujung pada salah membeli perhiasan berlian wanita, Anda bisa simak penjelasan mengenai perbedaan tunangan dan lamaran berikut ini.

Memahami Definisi Tunangan dan Lamaran

Tunangan pada dasarnya adalah suatu tahapan dalam hubungan percintaan. Prosesi tunangan terjadi saat pasangan kekasih ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius. Untuk menandai tahapan tersebut, biasanya pihak laki-laki akan menyematkan sebuah cincin tunangan kepada pihak perempuan. Tunangan bisa dilakukan secara privat, tapi bisa juga melibatkan keluarga atau kerabat dekat kedua pasangan.

Meski begitu, tunangan sebenarnya bukanlah suatu tahapan yang harus dijalani oleh setiap pasangan. Ada yang lebih memilih untuk tidak melakukan tunangan dan menggantinya dengan prosesi lamaran.

Sebenarnya, lamaran pun juga merupakan proses perubahan status pasangan menuju ke jenjang yang lebih serius. Hanya saja, lamaran cenderung lebih formal karena sudah melibatkan pihak keluarga kedua pasangan.

Waktu Penyelenggaraan

Umumnya, proses tunangan dilakukan sebelum lamaran. Bisa dibilang, lamaran adalah tahap yang lebih serius daripada tunangan. Sebab, prosesi lamaran melibatkan keluarga pasangan. Meski begitu, ada juga yang menganggap bahwa tunangan sebaiknya dilakukan nanti saat sudah mendekati hari-H pernikahan karena tunangan dinilai lebih mengikat.

Ada juga yang menganggap bahwa tunangan tidak wajib. Banyak yang langsung meresmikan status mereka dengan prosesi lamaran dan melibatkan pihak keluarga. Waktu penyelenggaraannya pun sangat variatif. Ada yang memilih jauh hari sebelum pernikahan, tapi ada juga yang memilih sesaat sebelum akad.

Sebaliknya, prosesi tunangan dilakukan jauh-jauh hari sebelum pernikahan berlangsung. Tak jarang pasangan bertahan pada status tunangan dalam hitungan bulan, bahkan tahun.

Proses Acara Tunangan dan Lamaran

Jika dilihat dari prosesinya, acara tunangan dan lamaran memang terlihat mirip. Ini karena keduanya melibatkan acara tukar cincin tunangan antar kedua pasangan.

Pada tunangan, biasanya acara hanya terbatas pada prosesi penyematan cincin. Kemudian, pasangan melanjutkan dengan kegiatan lain seperti makan malam bersama. Selain itu, banyak pasangan yang memilih untuk melakukan tunangan secara privat tanpa melibatkan pihak lain seperti keluarga maupun teman.

Sedangkan, lamaran memiliki rangkaian acara yang lebih panjang. Pada hari lamaran, pihak laki-laki akan memberikan seserahan kepada pihak perempuan. Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan proses perkenalan antar kedua keluarga. Biasanya, pada waktu tersebut keluarga juga akan membicarakan hal-hal terkait hari pernikahan nanti.

Jadi, Apakah Tunangan dan Lamaran Perlu Cincin?

mndial1

Cincin tunangan berlian wanita dari MONDIAL

Lalu, di antara tunangan dan lamaran, mana yang memerlukan engagement ring atau cincin tunangan? Apakah pemberian engagement ring terbatas pada tunangan saja atau justru bisa digunakan pada kedua prosesi tersebut?

Jawabannya, baik tunangan maupun lamaran memerlukan engagement ring . Sebab, pada dasarnya, cincin tunangan merupakan simbol yang menandakan bahwa pasangan telah terikat dalam hubungan yang lebih serius dan akan menuju jenjang pernikahan.

mndial3

Model cincin tunangan dari MONDIAL

Untuk itu, sebaiknya pilihlah diamond engagement ring yang mampu mewakili perjalanan cinta Anda dan pasangan. Engagement Ring Collection dari MONDIAL dengan fancy shape diamond yang melambangkan perjalanan cinta adalah jawaban paling tepat untuk Anda. Terlebih, koleksi spesial ini hadir dengan beragam pilihan cincin tunangan unik dan cantik.

Baik tunangan maupun lamaran merupakan momen yang harus dirayakan dan terus diingat. Agar momen spesial tersebut semakin terasa istimewa, pilihlah cincin tunangan berlian dari MONDIAL Engagement Ring Collection yang pasti akan langsung membuat pasangan Anda menjawab, “ Yes, I do!”. Sesuai dengan kampanye ‘I Said MONDIAL’ yang diluncurkan oleh MONDIAL, momen spesial dengan Engagement Ring Collection siap menemani Anda melangkah bersama pasangan menuju tahap kehidupan baru.

Jangan sampai tertinggal informasi mengenai MONDIAL Engagement Ring Collection serta perhiasan berlian mewah lain dari MONDIAL. Follow akun Instagram @mondial atau kunjungi website resmi MONDIAL di www.mondialjeweler.com . #ISaidMondial

Berita Lainnya

02/04/2024 Mengapa Diamond Jewellery Berkualitas Tinggi Perlu Sertifikasi?
 
01/04/2024 6 Tips Tampil Menawan Saat Lebaran Memakai Bracelet Elegan
 
31/03/2024 5 Fakta Anting Berlian sebagai Perhiasan Favorit Sepanjang Masa
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS