Begini, Lo, Cara Menilai Kualitas Cincin Berlian Pria yang Benar

20/09/2022

men-jewel

Keistimewaan batu berlian yang terbentuk miliaran tahun tidak hanya menarik di mata kaum Hawa. Perhiasan yang bertatahkan berlian juga memiliki nilai lebih bagi kaum Adam. Salah satunya adalah perhiasan cincin berlian pria yang juga menjadi simbol janji cinta abadi serta lambang kekayaan dan kemewahan yang diimpikan.

Seperti halnya cincin berlian mewah untuk wanita, model cincin berlian pria juga terdiri dari beragam desain dan material perhiasan. Sebelum memutuskan untuk membeli cincin berlian pria yang paling cocok, ada beberapa brand perhiasan berlian yang sangat recomended karena terjamin keasliannya dan model yang beragam.

Tips Memilih Cincin Berlian Pria Berkualitas

Perhiasan cincin berlian pria biasanya digunakan sebagai cincin tunangan, cincin nikah, dan juga untuk sekadar item fesyen. Agar tidak salah membeli atau bahkan tertipu, ada beberapa langkah yang harus dipertimbangkan dalam memilih model cincin berlian pria.

Hal ini perlu dilakukan agar pria pencinta berlian tidak salah membeli perhiasan seperti cincin berlian pria dengan harga sangat mahal namun kualitasnya kurang bagus. Mengingat dalam dunia perhiasan berlian, semakin tinggi harga berlian sejalan dengan kualitasnya yang sempurna.

Untuk itu, kaum pria atau wanita yang ingin memberikan hadiah perhiasan cincin berlian pria bisa memperhatikan beberapa hal. Pertama, dari sisi cutting atau asahan potongan berlian. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas berlian yang terlihat dari pantulan sinar atau kilau batu berlian di dalamnya.

Cutting yang bagus atau sempurna akan membuat pantulan sinarnya kian berkilau. Berdasarkan Gemological Institute of America atau GIA, ada 5 tingkatan skala cut di antaranya yaitu fair, good, very good, ideal, serta signature ideal . Tingkatan paling tinggi memiliki harga yang paling mahal karena sebanding dengan hasilnya yang sangat menawan.

Kedua, faktor yang juga sangat menentukan adalah color atau warna berlian. Seperti halnya cutting, color berlian juga memiliki beragam tingkatan. Saat ini dikenal dua jenis warna berlian yaitu fancy color diamond dan colorless diamond atau transparan. Untuk memastikan kualitas cincin berlian pria terbaru misalnya, pencinta berlian bisa melihat warna normal yang ditunjukkan dengan skala antara D-Z.

Sementara fancy color bisa berupa warna coklat, kuning, biru, hijau, dan lain sebagainya. Di mana warna D adalah warna yang paling jernih, lalu warna Z adalah warna yang paling pekat berdasarkan penilaian dari Gemological Institute of America (GIA).

Ketiga, pencinta perhiasan juga bisa menentukan kualitas cincin berlian pria dari berat carat. Berbeda dengan penilaian karat kadar emas, carat pada perhiasan cincin berlian pria bisa dilihat dari bobot berlian.

Namun, perlu dibedakan antara bobot atau berat berlian dengan besar atau ukuran berlian. Pasalnya, batu berlian dengan ukuran sama belum tentu memiliki berat carat yang sama. Bahkan bisa jadi berlian dengan ukuran yang lebih kecil memiliki kualitas lebih bagus.

Terakhir adalah faktor kejernihan (clarity) berlian. Semakin bersih berlian atau tanpa noda maka semakin tinggi harganya. Kejernihan berlian juga terkait dengan apakah ada goresan di permukaannya. Penilaian tertinggi berdasarkan standar GIA adalah level flawless atau FL, sedangkan penilaian paling buruk adalah include atau I.

Keempat faktor ini dapat digunakan oleh para pemburu perhiasan untuk menambah koleksinya. Tak terkecuali para pria yang ingin tampil menawan dengan perhiasan cincin berlian pria yang berkualitas. Salah satu yang bisa menjadi rekomendasi adalah brand MONDIAL yang ternama sejak tahun 1979.

Koleksi Cincin Berlian Pria Terbaru dari MONDIAL

MONDIAL, di bawah naungan PT Central Mega Kencana (CMK) memiliki koleksi cincin berlian pria terbaru  pada bulan September yakni Men's Jewelry MONDIAL dengan desain yang menawan. Seperti cincin berlian pria pada umumnya dengan desain ring yang tebal dan tegas, Men's Jewelry MONDIAL juga demikian.

Ring yang bernuansa rose gold diselingi dengan nuansa white gold di tengah dan bertabur berlian asli. Cincin dengan desain menyerupai kotak sebagai center ini bermahkotakan 9 butir berlian asli.

mens-jewel

Model cincin berlian pria dari koleksi Men's Jewelry MONDIAL

Model cincin berlian pria ini memakai emas dengan kadar 18K dengan berat hingga 17,160 gram dan berat berlian mencapai 1,061 carat. Desain yang sangat maskulin ini bisa menjadi statement piece bagi para pria pencinta fashion dan perhiasan. Cincin berlian pria terbaru ini juga bisa digunakan sebagai cincin tunangan maupun pernikahan atau cincin yang menunjang style sang pemakai.

Gaya Art Deco dalam Delapan Bentuk

azure-2

Model perhiasan berlian terbaru dari MONDIAL

Selain koleksi Men's Jewelry MONDIAL terbaru, perhiasan ternama sejak 1979 ini juga merilis koleksi Azure yang menggunakan batu safir, atau dikenal sebagai Batu Kelahiran September. Ini seiring dengan perayaan anniversary MONDIAL di bulan September.

Safir memiliki filosofi mendalam yakni untuk menarik kesejahteraan, berkah, dan karunia di masa depan. Adapun kata safir berasal  dari “sapheiros” yakni bahasa Yunani yang berarti “bright blue stone” .

Warna biru pada batu permata ini melambangkan kemuliaan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan. Sementara gaya Art Deco ditandai dengan garis-garis sederhana yang ditekankan oleh batu permata dan tatahan secara alami cocok untuk tren Geometris ini. MONDIAL Azure Collection memiliki delapan bentuk geometri yang dikedepankan dalam koleksi terbaru ini. Selain itu, bentuk multi-dimensi berulang dalam lapisan logam campuran diselingi dengan elemen pavé.

Beragam model cincin berlian mewah termasuk cincin berlian pria ini bisa dilihat di butik-butik MONDIAL. Pencinta berlian juga bisa berselancar secara online untuk mengintip beragam perhiasan berlian asli bersertifikat di situs website mondialjeweler.com dan akun Instagram MONDIAL.

Berita Lainnya

02/04/2024 Mengapa Diamond Jewellery Berkualitas Tinggi Perlu Sertifikasi?
 
01/04/2024 6 Tips Tampil Menawan Saat Lebaran Memakai Bracelet Elegan
 
31/03/2024 5 Fakta Anting Berlian sebagai Perhiasan Favorit Sepanjang Masa
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS