Stories

Ternyata Ini Alasan Mengapa Valentine Disebut Sebagai Hari Kasih Sayang

Februari, menjadi sebuah bulan yang dianggap paling romantis dari 12 bulan yang ada dalam satu tahun. Bukan tanpa sebab, di bulan ini terdapat sebuah hari dan tanggal yang spesial. Tepat pada tanggal 14 Februari diperingati sebagai hari Valentine. Hari ini kerap digunakan sebagai salah satu momen untuk menunjukkan kasih sayang pada pasangan, keluarga, atau sahabat.

Lantas, siapa sih yang sebetulnya mempopulerkan asal-usul Valentine ini? Dan bagaimana sejarah dibalik hari kasih sayang tersebut?

1. Sejarah Valentine Masa Kaisar Romawi

Cerita awal mengenai Valentine muncul pada saat pemerintahan Romawi Claudius II yang mengeluarkan perintah para pemuda untuk menikah. Karena sebuah pernikahan dianggap membuat para prajurit tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Namun rupanya seseorang bernama Santo Valentine melanggar peraturan tersebut dan memutuskan menikahkan beberapa pasangan muda secara diam-diam. Setelah hal ini terkuak, Santo Valentine pun kemudian ditangkap dan dipenjarakan oleh Claudius II dan dijatuhi hukuman pada tanggal 14 Februari.

Dari cerita legenda yang ada disebutkan bahwa Santo Valentine yang sata itu dipenjarakan oleh Claudius II tengah jatuh cinta dengan putri seorang sipir penjara. Sebelum akhirnya dieksekusi, Ia mengirimkan surat kepada gadis pujaannya dengan tulisan 'from your Valentine'.

2. Perayaan Musim Semi

Jack B. Oruch yang merupakan seorang profesor dari University of Kansas memiliki teori yang berbeda tentang asal muasal valentine. Ia mengungkapkan jika sumber gagasan modern mengenai St. Valentine berasal dari seorang penyair bernama Geoffery Chaucer.

Chaucer merupakan orang pertama yang menghubungkan kisah St. Valentine dengan romantis. Menurutnya, ide tentang Valentine didapat karena pada saat bulan Februari, di Inggris sedang mengalami musim semi dan burung-burung sedang mencari pasangan.

Jack B. Oruch mengatakan bahwa Chaucer menilai jika nama Valentine terdengar lebih indah dibanding orang kudus lainnya di telinga orang Eropa yang juga dirayakan pada bulan Februari. Syair dan puisi-puisi karangan Chaucher lah yang kemudian melahirkan tradisi modern bahwa Valentine sebagai hari kasih sayang.

3. Tradisi Memberikan Hadiah

Hari kasih sayang juga identik dengan hal-hal yang romantis, salah satu hal romantis yang jadi tradisi Valentine adalah memberikan hadiah khusus pada orang tersayang. Hadiah yang banyak diberikan saat Valentine umumnya berupa bunga dan coklat. Namun tidak jarang pasangan memberikan sebuah hadiah timeless yang dapat dikenang sepanjang masa. Hadiah tersebut tak lain adalah perhiasan. Wanita mana sih yang tidak mudah jatuh cinta dengan perhiasan?

Memenuhi permintaan akan hadiah spesial saat Valentine, Mondial menghadirkan koleksi perhiasan berlian asli khusus yang dapat Anda jadikan sebagai gift kepada pasangan untuk mengungkapkan rasa cinta Anda saat valentine. Ialah Ameera, sebuah liontin berlian miss mondial yang berbentuk hati yang sangat sesuai bagi wanita muda.

Liontin Ameera memiliki desain modern kontemporer yang elegan sehingga tetap menyiratkan nuansa klasik bagi siapa saja yang memakainya. Terinspirasi dari kecantikan seorang putri, koleksi Ameera ini menyiratkan makna cinta dalam sebuah bentuk hati dengan lekukan asimetris. Liontin dengan warna rose gold yang menawan ini berlapis emas seberat 3,3 gram dan dihiasi berlian berkilau seberat 0.017 karat. Hanya dengan Rp3,8 juta Anda sudah bisa memiliki liontin ini sebagai hadiah valentine yang sempurna untuk orang tercinta. Dapatkan liontin Ameera di gerai Mondial terdekat di kota Anda.