Simak Cara Baru untuk Menilai Kilau Berlian Asli dengan Lebih Baik

06/02/2023

Kalau selama ini kamu menilai berkualitas atau gaknya berlian biasa dinilai dengan indikator 4C, sekarang ada acara baru untuk menilai kualitas berlian dengan lebih akurat. Tampilan berlian yang sempurna, cemerlang, dan penuh cahaya dalah impian semua orang termasuk kamu bahkan. Karena itu, 4C indikator saja dirasa belum cukup untuk bisa menentukan kilau berlian asli yang sempurna. Light Performance pun menjadi standar penilaian berlian yang melampaui standar penilaian lainnya yang pernah ada.

Apa itu Light Performance

Sebelum menilai keindahan sebuah berlian, pertama-tama kita harus ngerti cara berlian berinteraksi dengan cahaya. Inilah yang disebut dengan Light Performance , sebuah penilaian yang terpisah dari sertifikasi GIA (Gemological Institute of America) yang mengukur kualitas kilau berlian asli berdasarkan interaksi berlian tersebut dengan cahaya.

Light Performance adalah penilaian yang dilakukan oleh Sarine Technology Lab yang menjadi inovator pertama di dunia dengan gabungan gemologi dan teknologi AI (kecerdasan buatan) untuk menilai kualitas berlian. Light Performance jadi cara yang paling lengkap dan akurat untuk menentukan kualitas visual dan karakteristik unik berlian.

Pada dasarnya, penilaian Light Performance ini melampaui penilaian 4C indikator untuk menentukan berlian tersebut langka dari dari berlian asli lainnya. Parameter (pengukuran) dari Light Performance dipengaruhi oleh karakteristik natural, tingkat kejernihan, warna, potongan, ukuran, bentuk, dan inklusi berlian.

Manfaat dari penilaian Light Performance

Mungkin kamu paham kalau sekarang banyak berlian yang sudah mengantongi sertifikat GIA. Tapi, karena minat pasar terhadap berlian yang makin tinggi, patinya kebutuhan akan berlian sempurna yang langka itu jadi makin tinggi juga.

Beberapa keunggulan dari berlian yang mengantongi penilaian Light Performance antara lain kualitasnya yang sudah diakui secara internasional dari Sarine Technology Lab, nilai berlian kamu jadi lebih tinggi, yang mebedakannya dengan berlian lainnya yang ada di pasaran, detail tentang Light Performance berlian yang kamu punya juga bisa didownload secara digital dan linknya bisa kamu share via social media juga lho ternyata.

Kelebihan-kelebihan inilah membuat perhiasan berlian terbaru Mondial Excellent Cut Ultimate (MEC Ultimate) ini sebagai berlian idaman para pecinta berlian. MEC Ultimate merupakan berlian pertama di dunia yang kualitasnya melampaui GIA Triple Excellent yang dipilih berdasarkan 49 parameter dan Light Performance . Terus, apa aja sih  parameter dari Light Performance yang membuatnya istimwa? Berikut ini penjelasannya:

1. Sparkle

Sparkle merupakan kilau berlian asli dari pantulan sinar yang muncul setiap kali berlian bergerak. Sparkle ini dipengaruhi oleh potongan berlian ( cut ). Berlian dengan potongan ideal dan presisi tinggi bisa memancarkan cahaya gemerlap walaupun sedang berada di tempat yang redup. Sehingga, setiap kali perhiasan berlian digerakkan, maka akan terlihat kilauan cahaya indah yang kerlap-kerlip seperti bintang.

2. Light symmetry

Sesuai namanya, simetri dari berlian akan menentukan pendistribusian cahaya di seluruh sisi berlian. Hal ini dipengaruhi oleh potongan, karakteristik unik, dan pola “ hearts and arrows ” pada berlian. Hearts and arrows merupakan pola yang dianggap sebagai pola dengan simetri berbentuk panah dan hati yang melebihi kualitas “ Excellent Symmetry .” Setiap penempatan sisi berlian haruslah simetris supaya gak ada bagian culet yang pecah, pantulan sinar dari berlian tetap sempurna, dan tampilan berlian pun lebih enak dipandang mata.

3. Fire

Fire di sini bukan berarti api, melainkan biasan warna pelangi yang indah ketika cahaya menyentuh sisi-sisi berlian. Beda dengan sparkle yang merupakan kilau berlian asli, fire lebih mengarah pada refleksi cahaya yang kelihatan warna-warni. Pemilihan berlian dengan potongan ideal dan simetris tinggi bisa menentukan seberapa baik berlian dapat memantulkan dan membiaskan cahaya. Dengan penilaian fire pada berlian, maka kamu bisa menentukan berlian dengan warna dan kejernihan terbaik.

4. Brilliance

Brilliance adalah cahaya putih yang terpancar dari berlian. Cahaya ini adalah hasil pantulan cahaya ke sisi-sisi berlian. Berlian dengan brilliance yang rendah akan kelihatan buram dan redup, gak bisa memantulkan cahaya putih dengan baik. Tanpa adanya brilliance , berlian akan terlihat gak hidup dan nilainya pun bisa jadi turun. Brilliance sangat ditentukan oleh potongan, asahan, dan polesan berlian. Pastikan berlian yang kamu beli punya tingkat brilliance yang tinggi.

Itu dia penjelasan soal Light Performance yang ada pada berlian MEC Ultimate. Berlian MEC Ultimate ada pada koleksi perhiasan berlian terbaru Miss Mondial, yakni koleksi Celina, Candis, Tivona, Vesta, Eliora, dan Gracie yang merupakan simbol cinta sejati dan komitmen abadi sehingga layak dijadikan sebagai seserahan pernikahan. Berlian MEC Ultimate yang merupakan berlian sempurna, indah, dan langka yang dilengkapi dengan sertifikasi dari GIA, sertifikasi in house MEC, dan sertifikasi Light Performance dari Sarine Technology Lab. Miliki kilau berlian asli dengan pilihan berlian MEC Ultimate yang gak ada duanya.

Baca Artikel Lainnya: https://mondialjeweler.com/stories/articles/beginilah-karakter-wanita-hebat-masa-kini-apakah-kamu-satu-di-antaranya

Berita Lainnya

02/04/2024 Mengapa Diamond Jewellery Berkualitas Tinggi Perlu Sertifikasi?
 
01/04/2024 6 Tips Tampil Menawan Saat Lebaran Memakai Bracelet Elegan
 
31/03/2024 5 Fakta Anting Berlian sebagai Perhiasan Favorit Sepanjang Masa
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS