Stories

Mau Tunangan?, Berikut 6 Jenis Potongan Berlian Yang Kamu Harus Tahu

Teman Miss Mondial, kamu pasti tahu dong kalau berlian adalah salah satu batu mulia yang paling sering dipakai untuk membuat perhiasan kamu menjadi indah dipandang mata. Dengan berlian asli perhiasan kamu gak hanya makin cantik tapi juga akan punya nilai yang tinggi. Popularitas berlian ini ternyata bukan hal yang baru lho, berlian ternyata sudah terkenal sejak era Yunani kuno.

Diamond, atau berlian dalam Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Bahasa Yunani, “ Adamao “. Yang berarti sebuah hal yang sangat kuat dan sulit untuk dikalahkan. Karena dari itu, kita mengenal berlian sebagai simbol dari kekuatan cinta dan kepercayaan akan sebuah hubungan romantis yang abadi.

Berlian dipercaya oleh banyak pasangan di dunia sebagai tanda pengikat kasih sayang mereka. Cincin hadir sebagai simbol sebuah komitmen. Diawali dari seorang Pangeran Maximillian dari Austria yang memberikan cincin berlian kepada tunangannya di tahun 1477, dari situ terciptalah trend cincin tunangan dengan berlian.

Para ahli berlian dari seluruh penjuru dunia selalu menggali untuk meningkatkan tahapan kecemerlangan serta kualitas berlian. Pusat Gemologist seperti GIA bahkan telah membuat pengukuran pada keempat elemen yaitu Cut, Carat, Clarity and Color ( Potongan, Karat, Kecerahan dan Warna)

Saat kamu membayangkan berlian, pasti kamu akan terbayang sebuah berlian bulat yang klasik. Tapi rupanya ada banyak lagi bentuk potongan berlian yang sesuai dengan selera atau gaya pribadi kamu dan setiap bentuk berlian tersebut bisa memantulkan cahaya dan kecemerlangan yang berbeda.

Round Brilliant Cut

Round-Cut-Diamond

Round brilliant cut atau berlian berbentuk bulat adalah bentuk berlian yang paling terkenal. Kalau kamu mencari potongan yang bisa memberikan kualitas berlian dengan tingkat kecemerlangan dan kilau yang maksimal berdasarkan parameter pengukuran 4C ini adalah pilihan yang paling tepat.

Princess Cut

Princess-Cut-Diamond

Princess cut hadir dalam bentuk kotak, karena bentuknya yang unik ini ditemukan banyak sekali pantulan warna cahaya di tengah ataupun di setiap sudutnya. Meskipun kelihatan lebih besar dari berlian round cut ternyata harga cincin berlian princess cut lebih terjangkau lho dibandingkan model potongan lainnya meskipun  berat carat berliannya sama.

Marquise Cut

Marquise-Cut-Diamond

Marquise cut pada berlian adalah bentuk sempurna untuk memaksimalkan berat karat dengan menekankan ukuran berlian. Bentuk yang unik ini bisa buat jari kamu terlihat panjang dan lentik. Garis luar atau siluet berlian ini ditentukan dengan rasio panjang dan lebar dengan sudut yang menawan di tiap ujungnya. 

Cushion Cut

Cushion-Cut-Diamond

Cushion cut terkadang disebut dengan potongan pillow atau bantal karena bentuknya  yang mirip sebuah bantal. Cushion Cut memiliki tingkat kilauan yang sangat tinggi juga sangat cerah dalam penampilannya, biasanya potongan ini banyak tersedia dalam bentuk bujur sangkar dan persegi.  

Pear Shaped

 

Pear-Shaped-Diamond

Seperti namanya bentuk potongan berlian ini terlihat seperti buah pir atau air mata (teardrop). Bentuk ini merupakan kombinasi berlian round cut dan juga marquise cut dengan ujung yang runcing di salah satu ujungnya.  Jarimu bisa terlihat lebih panjang dan ramping ketika memakai cincin dengan potongan batu ini.

Oval Cut

Oval-Cut-Diamond

Berlian potongan oval punya tampilan klasik dengan sentuhan modern. Bisa kamu temui dalam bermacam jenis perhiasan tapi paling sering ditemui dalam bentuk cincin tunangan. Sama seperti Pear shape, Oval Cut juga bisa memberikan kesan lentik dan ramping pada jari kamu.