Cincin Berlian: Sangat Dihargai Karena Usaha Mendapatkannya

13/02/2023
sss

Saat Anda bertunangan, hal pertama yang akan ditanyakan banyak orang adalah " Can I see the ring? ". Apalah arti sebuah lamaran tanpa cincin berlian? Bagaimanapun juga cincin tunangan berlian adalah simbol komitmen bersama dan cinta abadi, sehingga bisa dikatakan jika cincin berlian sangatlah penting untuk wanita.

Jika selama ini Anda hanya tahu tentang desain, jenis diamond cut, dan bagaimana cara mix and match cincin berlian. Sekarang saatnya Anda tahu dari mana berlian itu berasal, dan apa yang membuat perhiasan berlian begitu dipuja.

Cerita tentang berlian

Berlian adalah sebuah mineral yang tersusun dari karbon murni. Ini adalah batu permata terpopuler karena kekerasannya yang ekstrim. Kekerasan, kecemerlangan, dan kilau berlian membuatnya tak tertandingi sebagai permata. Dalam simbolisme batu permata, berlian melambangkan cinta yang teguh dan merupakan batu kelahiran di bulan April.

Batu berlian ditimbang dalam carat (1 carat = 200 milligram) dan dalam poin (1 poin = 0,01 carat). Selain berlian yang berkualitas tinggi, beberapa jenis industrial diamonds dan synthetic diamonds sudah diproduksi untuk kepentingan komersial sejak tahun 1960.

Penemuan dan Pembentukan Berlian

shutterstock-1385507666

Berlian ditemukan dalam tiga jenis endapan: kerikil aluvial, lapisan glasial, dan pipa kimberlite. Ahli geologi mengatakan jika berlian di hampir seluruh tambang terbentuk di dalam mantel bumi (kedalaman 40 km hingga 3.000 km di bawah permukaan bumi. Kemudian dikirimkan oleh letusan gunung berapi. Mantel bumi sendiri tersusun dari besi, magnesium, dan silika.

Proses erupsi ini kemudian menghasilkan pipa kimberlite dan lamproite yang banyak dicari para pencari berlian. Berlian terbentuk lebih dari 3 miliar tahun yang lalu dari dalam kerak bumi, di bawah tekanan panas yang menyebabkan atom karbon mengkristal, membentuk berlian.

Lebih tepatnya, berlian asli ditemukan pada kedalaman kira-kira 150-200 km di bawah permukaan bumi. Di kedalaman ini, suhu rata-rata mencapai 900-1.300 derajat Celcius dengan tekanan 45 hingga 60 kilobar atau setara 50.000 kali tekanan atmosfer di permukaan bumi.

Di dalam kondisi ini, lamproite cair dan kimberlite (magma) akan terbentuk di dalam mantel atas bumi dan mengembang dengan cepat. Ekspansi tersebut membuat magma meletus, memaksanya keluar dari permukaan bumi dan membawa batuan yang mengandung mineral dengan warna putih. Batuan akan terus bergerak dan mendorong magma ke permukaan.

Saat mulai mendingin, magma mengeras membentuk Kimberlite, mengendap dalam struktur vertikal yang dikenal sebagai pipa kimberlite. Pipa kimberlite inilah yang jadi sumber paling signifikan dari berlian. Hanya 1 dari 200 pipa kimberlite yang mengandung berlian berkualitas permata.

Pipa kimberlite itulah yang menjadi sumber berlian yang paling signifikan, namun diperkirakan hanya 1 dari setiap 200 pipa kimberlite yang mengandung berlian berkualitas permata. Nama 'Kimberlite' sendiri berasal dari nama kota Kimberley di Afrika Selatan, tempat berlian pertama kali ditemukan.

Warna dan Jenis Berlian

Kebanyakan berlian asli yang digunakan pada perhiasan memiliki karakter warna transparan, tembus cahaya. Memang ada beberapa berlian asli dengan kilau cahaya berwarna biru, tapi ini sangat jarang. Sementara kategori “fancy” diamond memiliki body color yang berbeda; merah, biru, hijau, dan yang paling langka adalah kuning, ungu, orange, serta hijau kekuningan.

Berlian Cemerlang dalam Koleksi Mondial Dreams

139212

Joette diamond ring dari koleksi Mondial Dreams

Anda mendambakan cincin berlian wanita dengan kilau cemerlang yang everlasting ? Deretan cincin berlian dalam koleksi Mondial Dreams bisa jadi pilihan bagi Anda. Koleksi Mondial Dreams terinspirasi dari gaya dinamis wanita muda dalam keseharian. Desainnya out of the box and unique, tapi dengan simplicity yang elegan sehingga bisa Anda gunakan sehari-hari.

Ada 5 jenis cincin berlian dalam koleksi Mondial Dreams; Dreams Open Ladies Ring, Dreams Baguette Ladies Ring, Dreams Twist Ladies Ring, Dreams Solitaire Ladies Ring, dan Tennis. Cek detail produk perhiasan berlian terbaru, liontin berlian modern, atau beragam koleksi perhiasan Mondial dengan mengunjungi halaman website Mondial atau official Instagram Mondial .

Berita Lainnya

31/03/2024 5 Fakta Anting Berlian sebagai Perhiasan Favorit Sepanjang Masa
 
29/03/2024 5 Model Bracelet Elegan untuk Momen Pernikahan Berkesan
 
28/03/2024 Tak Selalu Berlian, Kenali Arti dari Precious Stones pada Cincin Couple Tunangan
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS