6 Potongan Berlian yang Perlu Anda Ketahui

13/09/2021

shutterstock-192058733

Sejak abad ke-15, perhiasan berlian sudah menjadi simbol cinta dan komitmen. Tradisi ini dimulai ketika Archduke Maximilian dari Austria bertunangan dengan Maria dari Burgundy. Sebagai bentuk dari komitmen, Maximilian memberikan cincin berlian pada Maria. Rupanya, tradisi memberikan cincin berlian wanita ini berlangsung hingga saat ini.

Pemilihan diamond jewelry sebagai lambang cinta bukan tanpa alasan. Ini karena berlian sebagai batu mulia memiliki sifat abadi yang tidak mudah rusak, dan tak lekang oleh waktu. Sifat asal berlian ini diharapkan bisa menjadi simbol cinta abadi dari para pasangan.

Berencana menjadikan perhiasan berlian sebagai simbol cinta abadi untuk momen tunangan, lamaran, atau pernikahan? Sebelum memutuskan untuk membeli kalung berlian, liontin berlian atau cincin berlian, Anda harus tahu 6 jenis diamond cut berikut.

Pear Shape

Bentuk potongan berlian ini sesuai dengan namanya, menyerupai bentuk buah pir atau air mata ( teardrop ). Pear shape adalah kombinasi antara berlian round cut dan marquise cut dengan bentuk runcing di salah satu ujungnya. Bentuknya yang runcing dan memanjang, membuat cincin berlian dengan pear shaped bisa memberi ilusi jari yang lebih ramping dan lentik. Salah satu kelemahan cutting diamond ini adalah ujungnya rentang pecah karena memiliki bentuk runcing. Sehingga harus dipasang dengan prong yang bisa melindungi ujung runcing tersebut.

Oval Cut
Berlian berpotongan oval memiliki tampilan klasik dengan sentuhan modern. Serupa dengan pear shaped, potongan diamond ini bisa memberikan ilusi jari yang lebih lentik dan ramping. Sebetulnya berlian dengan oval cut sudah ada sejak dulu kala, tapi baru diperkenalkan di publik pada tahun 1950-an. Saat itu, Lazare Kaplan yang merupakan perusahaan manufaktur berlian internasional ingin mengolah berlian yang dianggap “tidak bisa digunakan”. Lazare kemudian mengaplikasikan oval cut pada jenis berlian tersebut, yang sampai saat ini masih digunakan dalam berbagai model diamond jewelry.

Princess Cut

Diamond cut yang satu ini punya ciri khas yang bisa Anda lihat pada potongan berbentuk kotaknya. Princess cut bisa membuat berlian memiliki banyak pantulan cahaya di bagian tengah dan sudutnya. Keindahan ini membuat princess cut jadi salah satu potongan berlian terpopuler, apalagi untuk cincin pernikahan dan cincin tunangan. Meski terlihat besar, cincin dengan berlian princess cut justru ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan model potongan berlian yang lain.

Marquise Cut

Serupa dengan pear shape, cincin berlian dengan marquise cut bisa membuat jari pemakainya terlihat lebih lentik dan panjang. Marquise cut diambil dari nama Marchioness Madame de Pompadour. Dia adalah kekasih Raja Louis XV yang berjaya pada 1710-1774 di Prancis. Demi menunjukkan rasa cintanya pada sang kekasih, Raja Louis menugaskan seorang ahli perhiasan untuk mendesain potongan berlian yang mirip dengan bentuk bibir Marchioness Madame de Pompadour.

Cushion Cut

Cushion cut juga akrab dengan sebutan pillow cut karena bentuknya mirip bantal. Berlian ini memiliki tingkat pantulan cahaya yang tinggi sehingga membuatnya tampak lebih berkilau. Cushion cut bisa ditemukan dalam bentuk bujur sangkar dan persegi. Cushion cut kembali populer belakangan ini karena bentuknya yang unik dan vintage .

Round Cut

Round cut adalah potongan berlian yang paling populer, hampir bisa Anda temukan di berbagai jenis perhiasan berlian. Potongan ini awalnya disebut sebagai potongan Eropa kuno atau old European cut. Berlian round cut dipotong secara simetris dan proporsional sehingga mampu menghasilkan tingkat kecemerlangan yang maksimal sesuai dengan kriteria 4C.

13921

Liontin berlian Mondial Dreams

Berbagai diamond cut yang sudah disebutkan diatas bisa Anda temukan dalam koleksi liontin berlian Mondial Dreams. Ini adalah koleksi terbaru Mondial, ditujukan untuk para wanita berjiwa muda yang dinamis dan modern dalam kesehariannya. Mondial Dreams melambangkan cinta dan harapan untuk kamu yang ingin mencapai sebuah mimpi besar.

Liontin berlian dalam seri Mondial Dreams ini memiliki desain minimalis, dengan pusat perhatian pada ragam cutting diamond yang bisa Anda pilih sesuai personality. Temukan koleksi lengkap liontin berlian modern Mondial Dreams di gerai Mondial terdekat di kota Anda atau kunjungi halaman website Mondial dan official Instagram Mondial untuk informasi ter- update dari kami.

Berita Lainnya

02/04/2024 Mengapa Diamond Jewellery Berkualitas Tinggi Perlu Sertifikasi?
 
01/04/2024 6 Tips Tampil Menawan Saat Lebaran Memakai Bracelet Elegan
 
31/03/2024 5 Fakta Anting Berlian sebagai Perhiasan Favorit Sepanjang Masa
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS