Tingkat Diamond Clarity Suatu Perhiasan Menentukan Level Kemewahannya

13/06/2023

Diamond clarity adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian kualitas berlian. Sesuai dengan standar internasional, aspek penilaian berlian dipengaruhi oleh faktor 4C yakni Cut, Color, Clarity, Carat . Dari keempatnya, diamond color dan diamond clarity bisa dibilang sebagai faktor paling utama dalam menilai berlian.

Diamond clarity adalah kejernihan yang terdapat pada berlian di bagian dalam maupun luar berlian. Kualitas diamond clarity akan mempengaruhi cahaya dan kilauan yang dipancarkan oleh berlian. Maka itu, penting untuk mempertimbangkan aspek clarity saat memilih perhiasan berlian karena grading diamond clarity sangat mempengaruhi level kemewahannya.

Artikel ini akan membahas seputar diamond clarity dari sebuah perhiasan berlian. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Diamond Clarity ?

Diamond clarity adalah kejernihan pada berlian. Seperti artinya secara harfiah, aspek ini dikaitkan dengan seberapa jernih berlian dari inklusi atau cacat yang terbentuk secara alami ketika proses terbentuknya berlian tersebut. Semakin jernih sebuah berlian, maka semakin mahal pula nilainya. Itu berarti semakin bebas berlian dari inklusi atau kecacatan yang terlihat pada berlian, maka semakin tinggi tingkat clarity dan semakin mahal nilainya.

Semakin sedikit karakteristik/inklusi yang terdapat pada berlian, maka akan semakin tinggi nilai berlian tersebut. Tingkat clarity pada berlian diukur menggunakan diamond clarity grading yang digunakan oleh gemologist . Skala diamond clarity yang paling umum digunakan adalah dari GIA ( Gemological Institute of America ) yang terdiri dari 11 kategori, mulai dari Flawless (FL) atau bebas cacat, hingga Included (I1, I2, I3) atau cacat terlihat jelas.

Saat memilih perhiasan berlian, penting untuk memperhatikan aspek diamond clarity. Sebab, clarity mempengaruhi keindahan dan kilauan berlian. Berlian dengan tingkat clarity yang tinggi memancarkan kilauan yang lebih cerah, sedangkan berlian dengan clarity yang lebih rendah cenderung memiliki kilau yang kurang bersinar. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih berlian dengan diamond clarity terbaik seperti koleksi perhiasan MONDIAL.

Diamond Clarity Chart dari GIA

Mari membahas tentang skala pengukuran diamond clarity atau kejernihan berlian. Seperti yang sudah dijelaskan, skala diamond clarity yang paling umum digunakan di seluruh dunia adalah dari GIA ( Gemological Institute of America ). Skala clarity ini terdiri dari beberapa kategori, mulai dari FL (Flawless), IF (Internally Flawless) , VVS1 (Very Very Slightly Included 1), VVS2 (Very Very Slightly Included 2), VS1 (Very Slightly Included 1), VS2 (Very Slightly Included 2), SI1 (Slightly Included 1), SI2 (Slightly Included 2), I1 (Included 1), I2 ( Included 2).

Berikut penjelasan untuk setiap kategori dari diamond clarity chart atau grading diamond clarity.

1. FL ( Flawless )

Diamond clarity dengan skala FL atau Flawless merupakan tingkat kejernihan tertinggi berlian. Sebuah berlian dinyatakan memiliki clarity FL jika tidak ditemukannya inklusi atau kecacatan internal maupun eksternal. Diketahui, berlian dengan clarity FL termasuk berlian langka. Hanya ada kurang dari 1% berlian di seluruh dunia yang masuk kategori FL.

2. IL (Internally Flawless)

Diamond clarity dengan skala IL atau Internally Flawless menandakan tidak ada inklusi pada berlian, tetapi hanya sedikit noda yang ditemukan jika dilihat dengan pembesaran 10x.

3. VVS1 ( Very Very Slightly Included 1)

Diamond clarity level VVS1 menandakan terdapat inklusi yang hanya terlihat dengan menggunakan mikroskop. Inklusi sangat sulit terlihat menggunakan 10x pembesaran, hanya bisa ditemukan apabila menggunakan mikroskop.

4. VVS2 ( Very Very Slightly Included 2)

Inklusi pada berlian dengan tingkat clarity VVS2 hanya bisa diidentifikasi dengan mikroskop gemologi. Memiliki pola inklusi beberapa bintik karena setiap bintik yang terpisah akan terlalu kecil untuk dilihat dengan lup pembesar.

5. VS1 dan VS2 ( Very Slightly Included 1, Very Slightly Included 2)

Berlian dengan kualitas VS1 memiliki inklusi minor yang dapat ditemukan di bawah pembesaran 10x oleh grader profesional. Sementara inklusi minor berlian VS2 sedikit lebih mudah terlihat di bawah pembesaran 10x oleh grader profesional. Inklusinya masih sangat kecil dan tidak bisa terlihat oleh kasat mata.

6. SI1 ( Slightly Included – Grade 1)

Diamond clarity dengan tingkat SI1 memiliki sejumlah spot dan kecacatan kecil. Meski begitu, berlian dengan level SI1 memiliki inklusi sangat kecil. Berlian masih terlihat bersih dengan mata telanjang.

7. SI2 ( Slightly Included – Grade 2)

Diamond clarity dengan level SI2 kemungkinan besar memiliki inklusi yang terlihat dengan mata telanjang. Selain itu, ciri-ciri umum lainnya dari SI2 yakni inklusi menyebar di seluruh batu dan tidak terkonsentrasi dalam satu area. Berlian masih terlihat bersih dengan mata telanjang.

Temukan Perhiasan Berlian dengan Diamond Clarity Terbaik di Butik MONDIAL

#MONDIAL telah mendapat pengakuan dari Gemological Institute of America (GIA) dengan predikat Triple Excellent: Cut, Polish, dan Symmetry. Jenis potongan, polesan, dan bentuk simetris yang sempurna didapat dari seleksi banyak butiran. Umumnya dari 100 berlian yang sudah jadi hanya ditemukan satu yang benar-benar memiliki proporsi Triple Excellent.

Perhiasan Berlian dengan Diamond Clarity Terbaik dari MONDIAL

Tak perlu bingung mencari perhiasan dengan diamond clarity terbaik, butik MONDIAL yang hadir di seluruh Indonesia adalah opsi terbaik sebagai destinasi utama untuk mencari koleksi high-end jewelry. Di bawah Central Mega Kencana (CMK), MONDIAL merupakan jewelry brand ternama sejak 1979 yang selalu mengutamakan warisan makna dan keterampilan seniman dalam setiap hasil karyanya.

Seluruh koleksi perhiasan #MONDIAL dibuat dengan craftsmanship yang sempurna dan berkualitas tinggi. Seperti salah satu perhiasan berlian MONDIAL yakni #MONDIALDreams. #MONDIALDreams merupakan koleksi perhiasan bertabur berlian dengan desain yang elegan. Terinspirasi dari kemauan yang kuat dan kepercayaan diri untuk menaklukkan mimpi. MONDIAL menghadirkan perhiasan MONDIAL Dreams dengan diamond clarity terbaik y ang beragam untuk merepresentasikan berbagai mimpi yang bisa dicapai.

MONDIAL Dreams, Perhiasan dengan Diamond Clarity Terbaik

Selain itu, MONDIAL juga mempersembahkan berbagai koleksi perhiasan emas di lini Frank Gold. Sebagai premium gold jewelry yang dirancang eksklusif dengan New Technology dari Italia yang stylish dan trendy .

Perhiasan Mewah dengan Diamond Clarity Terbaik

Buat penampilan Anda makin istimewa dan penuh kemewahan dengan perhiasan MONDIAL karena #alliwantismondial! #MONDIAL merupakan pilihan tepat untuk para wanita yang gemar tampil #ImDifferent, elegan dan modis, serta mengagumi perhiasan untuk dijadikan koleksi warisan turun temurun. Cek koleksi perhiasan MONDIAL selengkapnya secara online di Website MONDIAL dan follow official Instagram MONDIAL .

More News

20/09/2024 Apa Makna Simbolis dari Pemberian Mahar Pernikahan ke Pasangan?
 
18/09/2024 Fakta Unik Cincin Nikah Two Tone Berhiaskan Berlian, Pas Buat yang Suka Tampil Beda
 
17/09/2024 4 Desain Cincin Tunangan yang Selalu Jadi Tren dari Tahun ke Tahun
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!