Sudut & Proporsi Berlian sebagai Faktor Penilaian Fancy Cut Diamond Rings

10/04/2023

Semua orang mengidam-idamkan perhiasan berlian dengan fancy cut diamond rings. Terutama untuk momen pernikahan, setiap pasangan pasti menginginkan fancy cut diamond wedding rings terbaik untuk merayakan momen bahagia bersama pasangan. Namun, faktanya memilih fancy cut diamond rings tidak selalu mudah dan tentu dibutuhkan pengetahuan yang baik.

Menilai fancy cut diamond rings berkualitas tinggi dapat dilakukan dengan memperhatikan Cut (potongan). Sistem ini dikembangkan oleh Gemological Institute of America di tahun 1953 sebagai standar internasional untuk menilai karakteristik berlian. GIA merupakan institusi terkemuka dengan sistem penilaian canggih untuk mengevaluasi karakteristik dan kualitas berlian.

Penilaian 4C dalam Berlian

Berlian memang menjadi salah satu batu permata berharga dan terpopuler di seluruh dunia. Kepopuleran berlian sebagai batu permata yang disematkan dalam perhiasan tak lain karena keindahan kilaunya abadi dan tak tergantikan.

Karakteristik keindahan berlian dipengaruhi empat faktor yakni penilaian 4C, Color, Clarity, Cut, dan Carat. Empat faktor tersebut menentukan kualitas dan nilai dari suatu berlian. Dari keempatnya, salah satu faktor penting dalam penilaian fancy cut diamond solitaire rings adalah sudut dan proporsi berlian yakni dalam penilaian Cut .

Cut adalah karakteristik berlian yang paling penting karena paling mempengaruhi keindahan berlian. Cut adalah indikator kecantikan berlian yang perlu diprioritaskan di antara faktor penilaian 4C lainnya.

Diamond Cut sebagai Faktor Penting Penilaian Fancy Cut Diamond Rings

Cut merupakan salah satu faktor penilaian karakteristik berlian karena mempengaruhi keindahan berlian secara langsung. Cut atau potongan memiliki peran penting dalam penampilan akhir berlian karena mampu mempengaruhi bagaimana cahaya terpantul. Berlian yang dipotong dengan baik akan terlihat lebih cerah dibanding yang lainnya, meskipun ukuran, warna, dan kejernihannya setara.

Umumnya, semakin cerah sebuah berlian, maka semakin tinggi nilainya. Bagan potongan berlian GIA menilai potongan berlian dengan penilaian skala Ideal, Excellent, Very Good, Good, Fair dan Poor.

Diamond Cut mengacu pada kualitas sudut berlian, proporsi, kecemerlangan, fire , dan detail finishing untuk menilai kualitas. Faktor-faktor ini secara langsung mempengaruhi kemampuan berlian untuk memancarkan kilauan yang sempurna, bersama dengan daya tarik estetikanya secara keseluruhan.

Fire pada cut dihasilkan ketika cahaya putih yang berjalan melalui berlian tersebar seperti memunculkan warna pelangi. Ketika melihat berlian di bawah sinar, maka akan terpancar kilatan warna merah, biru, kuning, atau oranye saat Anda mengayun dan memiringkannya di bawah lampu. Sementara Bright adalah kombinasi dari kilau dan pola potong berlian. Kilau mengacu pada bintik-bintik cahaya yang seolah berkedip ketika berlian atau sumber cahaya bergerak.

Dalam memilih fancy cut diamond rings yang berkualitas, carilah tingkat kecemerlangan dan efek fire yang tinggi. Untuk memastikan cutting yang luar biasa, Anda perlu sedikit mengesampingkan faktor lainnya seperti clarity atau color .

Berlian memiliki gaya bentuk dan potongan, yang paling populer adalah bentuk Round . Sementara potongan berlian bentuk lain yang tak kalah indah adalah Oval, Marquise, Pear, Heart, Emerald, dan Princess.

Perhiasan dengan Fancy Cut Diamonds Terbaik Ada di #MONDIAL

Dengan memahami 4C khususnya faktor ‘Cut’ dalam artikel ini, Anda dapat mengetahui apakah perhiasan berlian yang Anda miliki berkualitas tinggi. MONDIAL telah mendapat pengakuan dari Gemological Institute of America (GIA) dengan predikat Triple Excellent: Cut, Polish, dan Symmetry.

Jenis potongan, polesan, dan bentuk simetris yang sempurna didapat dari seleksi banyak butiran. Umumnya dari 100 berlian yang sudah jadi hanya ditemukan satu yang benar-benar memiliki proporsi Triple Excellent.

Kunjungi Butik MONDIAL dan Temukan Fancy Cut Diamond Rings Favorit Anda!

Percayakan semua perhiasan Anda kepada MONDIAL, termasuk dalam mencari engagement rings with fancy cut diamonds untuk momen lamaran Anda. Langsung saja kunjungi butik-butik MONDIAL terdekat untuk mendapatkan perhiasan berlian eksklusif dan #ImDifferent MONDIAL, termasuk di ranah luxury engagement ring #ISaidMONDIAL.

Engagement Rings with Fancy Cut Diamonds dari MONDIAL

Anda membuat keputusan tepat memilih butik MONDIAL untuk mencari berbagai perhiasan dengan fancy cut diamond rings yang berkualitas tinggi. Butik #MONDIAL menyuguhkan atmosfer yang mewah bagi rangkaian perhiasan bertatahkan berlian dan batu berharga. Temukan perhiasan dengan berlian #alliwantismondial yang sempurna untuk mengekspresikan versi terbaik dari diri Anda!

Anda juga bisa mencari rekomendasi fancy cut diamond anniversary ring s melalui official website MONDIAL dan follow official Instagram MONDIAL . Selalu pilih perhiasan berlian berkualitas terbaik karena #alliwantismondial!

More News

20/09/2024 Apa Makna Simbolis dari Pemberian Mahar Pernikahan ke Pasangan?
 
18/09/2024 Fakta Unik Cincin Nikah Two Tone Berhiaskan Berlian, Pas Buat yang Suka Tampil Beda
 
17/09/2024 4 Desain Cincin Tunangan yang Selalu Jadi Tren dari Tahun ke Tahun
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!