Semakin Besar Diamond Carat-nya, Semakin Besar Juga Nilai Perhiasan Berlian

09/06/2023

Berlian merupakan batu permata paling kuat dan berharga. Kepopuleran berlian di seluruh dunia telah dikenal sejak zaman dahulu. Berlian yang berkualitas tentunya mampu memancarkan keindahan dan kemewahan yang tak tergantikan. Namun tahukah Anda bahwa keindahan kilau berlian dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah diamond carat.

Pada dasarnya, penilaian kualitas berlian dilihat dari faktor 4C sebagai standar yang dikembangkan oleh Gemological Institute of America (GIA). 4C bisa dibilang sebagai empat faktor penting yang menentukan kualitas dan nilai suatu berlian di seluruh dunia. 4C adalah singkatan dari warna ( color ), berat carat ( carat ), kejernihan ( clarity ), dan potongan ( cut ). Kalau di artikel sebelumnya sudah membahas mengenai Color dan Clarity , artikel kali ini akan membahas tentang faktor diamond carat pada berlian.

Apa itu Diamond Carat?

Ketika bicara tentang diamond carat , mungkin masih banyak orang yang keliru tentang penggunaan istilah carat dan karat. Meski dua istilah tersebut memang terdengar mirip dalam penulisan maupun pengucapan, namun nyatanya, karat dan carat memiliki makna yang berbeda. Keduanya digunakan sebagai pengukur benda yang berbeda pula. Berikut penjelasannya.

Diamond Carat

Karat adalah satuan yang digunakan untuk mengukur kadar kemurnian emas. Emas murni (100%) memiliki kadar 24 karat (24K). Sementara itu, Carat adalah satuan yang digunakan ukuran berat standar berlian dan precious stone lainnya.

Pilihan Perhiasan Berlian dengan Diamond Carat dari MONDIAL

Carat atau diamond carat adalah ukuran berat yang digunakan untuk batu permata termasuk berlian. Namanya diambil dari biji carob, sebuah biji kecil yang memiliki berat cukup seragam. Maka itu, para pedagang permata mula-mula menggunakannya sebagai penyeimbang timbangan mereka.

Pengukuran Diamond Carat

Pengukuran diamond carat sizes dengan metrik modern telah diadopsi oleh Amerika Serikat pada tahun 1913 dan negara lain mengikuti setelahnya. Kini, satu Carat berlian memiliki berat yang sama persis di seluruh dunia yakni 1 carat sama dengan 0,2 gram. Dalam dunia perdagangan berlian, pecahan Carat disebut sebagai 'poin' atau hanya sebagai pecahan. Sebagai contoh, berlian 50 poin artinya memiliki berat 0,5 Carat, sedangkan berlian 1 Carat berarti memiliki berat 100 poin.

Apakah Diamond Carat Sama dengan Ukuran Berlian?

Beberapa dari Anda mungkin ada yang masih bingung tentang carat dan ukuran berlian. Bahkan ada yang menganggap semakin besar carat, maka semakin besar pula ukuran berlian/batu permata tersebut. Namun hal tersebut tidaklah tepat, carat bukan pengacu ukuran pada berlian.

Perlu diketahui, carat mengacu pada berat berlian, bukan seberapa besar/ukuran batu tersebut. Berlian 1 Carat sama dengan 200 miligram, atau 0,2 gram. Tergantung dari bentuk berlian dan cara pemotongannya, dua berlian dengan berat 1 Carat mungkin memiliki ukuran yang sangat berbeda. Jadi, carat tidak bisa dilihat dari besar ukurannya.

Meskipun diamond carat perhiasan adalah salah satu elemen yang perlu dipertimbangkan saat membeli berlian, Anda tidak perlu harus selalu terpaku pada diamond carat. Penampilan dan kecemerlangan keseluruhan berlian juga harus diperhatikan. Salah satu contoh kasus misalnya berlian 1.50 carat yang biasa tidak akan bersinar seterang atau menarik banyak perhatian, seperti berlian 1.00 carat yang menakjubkan, berapapun beratnya.

Pilih Perhiasan MONDIAL dengan Diamond Carat sesuai Keinginan

Nah, daripada terpaku dengan angka pada ukuran diamond carat , sebaiknya Anda memilih berlian dengan potongan sempurna atau potongan ideal sesuai bentuk yang diinginkan.

Cari Perhiasan dengan Diamond Carat Sesuai Keinginan di Butik MONDIAL!

Tak hanya dari potongannya, #MONDIAL juga memiliki perhiasan dengan ukuran diamond carat beragam sebagai opsi untuk para pelanggan.

MONDIAL telah mendapat pengakuan dari Gemological Institute of America (GIA) dengan predikat Triple Excellent: Cut, Polish, dan Symmetry. Jenis potongan, polesan, dan bentuk simetris yang sempurna didapat dari seleksi banyak butiran. Umumnya dari 100 berlian yang sudah jadi hanya ditemukan satu yang benar-benar memiliki proporsi Triple Excellent. MONDIAL yang dikenal sebagai The Residence of F Color & F VVS Clarity menawarkan rangkaian perhiasan secara eksklusif mulai dari berlian, emas, dan lainnya.

Butik MONDIAL yang hadir di seluruh kota-kota besar di Indonesia adalah opsi terbaik untuk mencari koleksi high-end jewelry. Di bawah Central Mega Kencana (CMK), MONDIAL merupakan jewelry brand ternama sejak 1979 yang selalu mengutamakan warisan makna dan craftmanship dalam setiap hasil karyanya.

Salah satu perhiasan berlian MONDIAL yang bisa Anda temukan di butik MONDIAL yakni koleksi #MONDIALDreams. MONDIAL Dreams adalah koleksi perhiasan bertabur berlian  yang terinspirasi dari kemauan yang kuat dan kepercayaan diri untuk menaklukkan mimpi.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai perhiasan emas lini Frank Gold di butik MONDIAL. Lini Frank Gold adalah premium gold jewelry yang dirancang eksklusif dengan New Technology dari Italia yang stylish dan kekinian.

Jadikan penampilan Anda semakin stunning dan mewah dengan perhiasan MONDIAL karena #alliwantismondial! #MONDIAL merupakan destinasi utama bagi para pencinta perhiasan yang gemar tampil #ImDifferent, elegan dan modis, serta mengagumi perhiasan untuk dijadikan koleksi warisan turun temurun. Cek koleksi perhiasan MONDIAL selengkapnya secara online di Website MONDIAL dan follow Instagram MONDIAL !

More News

20/09/2024 Apa Makna Simbolis dari Pemberian Mahar Pernikahan ke Pasangan?
 
18/09/2024 Fakta Unik Cincin Nikah Two Tone Berhiaskan Berlian, Pas Buat yang Suka Tampil Beda
 
17/09/2024 4 Desain Cincin Tunangan yang Selalu Jadi Tren dari Tahun ke Tahun
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!