Mengetahui Kualitas Fancy Cut Diamonds dari Segi Simetris & Kecemerlangannya

31/03/2023

Perhiasan berlian dengan fancy cut diamond adalah incaran setiap penggemar perhiasan. Keindahan berlian yang dipotong dengan baik mampu pancarkan kilauan sempurna. Memilih perhiasan dengan fancy cut diamond yang baik perlu pengetahuan khusus terhadap faktor penilaian berlian.

Ada empat faktor yang mempengaruhi keindahan berlian, yakni dikenal dengan 4; Color, Clarity, Cut, dan Carat. Empat faktor tersebut menentukan kualitas dan nilai dari suatu berlian. Dari keempatnya, salah satu faktor penting dalam penilaian fancy cut diamond adalah segi simetris dan kecemerlangan berlian dalam faktor penilaian Cut .

Penilaian fancy cut diamond dapat dilakukan dengan memperhatikan Cut (potongan). Sistem ini dikembangkan oleh Gemological Institute of America di tahun 1953 sebagai standar internasional untuk menilai karakteristik berlian. GIA merupakan institusi terkemuka dengan sistem penilaian canggih untuk mengevaluasi karakteristik dan kualitas berlian.

Faktor ‘Cut’ dalam Penilaian Kualitas Fancy Cut Diamond

Cut adalah karakteristik penilaian berlian yang paling penting karena langsung mempengaruhi keindahan berlian. Cut atau potongan berlian adalah indikator yang perlu diprioritaskan di antara faktor penilaian 4C lainnya. Potongan mempengaruhi bagaimana cahaya terpantul. Berlian yang dipotong dengan baik akan terlihat lebih cerah dibanding yang lainnya, meski ukuran, warna, dan kejernihannya setara.

Gemological Institute of America sebagai standar internasional untuk menilai karakteristik berlian memberikan sebuah bagan penilaian Cut berlian. Bagan potongan berlian GIA menilai cutting berlian dengan penilaian skala Ideal, Excellent, Very Good, Good, Fair, dan Poor. Semakin cerah sebuah berlian, maka akan semakin tinggi nilainya.

Ragam diamond cut ada berbagai macam. Round cut yang dikenal memancarkan kilau sempurna, princess cut diamond dengan potongan berbentuk persegi dan sudut yang runcing, emerald cut diamond berbentuk persegi panjang dan sudut potong seperti cermin, cushion cut diamond berbentuk persegi dengan sudut membulat mirip bantal, serta masih banyak potongan berlian lainnya dengan karakter dan keindahannya masing-masing.

Dalam penilaian Diamond Cut ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yakni pada kualitas sudut berlian, proporsi, segi simetris, kecemerlangan, fire , dan detail finishing . Untuk menilai kualitas dari suatu fancy cut diamond, faktor-faktor ini secara langsung mempengaruhi kemampuan berlian untuk memancarkan kilauan sempurna dan tentunya juga dibarengi daya tarik estetikanya secara keseluruhan.

Diamond Symmetry

Simetri berlian mengacu pada arrangement dan kesesuaian facet dalam berlian yang sudah jadi. Para ahli yang menilai kesimetrisan berlian akan memeriksa beberapa fitur di dalamnya, termasuk ukuran dan bentuk facet , pengaturan crown dan paviliun serta penempatan culet terhadap dengan table .

Sebenarnya, semua berlian tak harus simetris, meski para ahli pemotong berlian mencoba menghasilkan batu yang simetris. Faktanya, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memotong berlian, seperti mempertahankan berat dan menghindari inklusi. Jadi, untuk menghasilkan batu permata yang lebih menarik, para ahli pemotong berlian mungkin mengorbankan aspek simetri.

Fancy Cut Diamond dari MONDIAL

Penilaian simetri berlian diperiksa dengan pembesaran 10x. Penilaian tersebut dikategorikan dalam “Excellent, Very Good, Good, Fair, dan Poor ”. Pembesaran 10x tersebut berguna untuk melihat kecacatan pada berlian yang tidak bisa diperhatikan dengan mata telanjang.

Sisi dan sudut dalam berlian membantu mengarahkan cahaya melalui batu. Sederhananya, jika berlian asimetris, maka tidak akan memancarkan kilau keindahan berlian yang klasik.

Diamond Brilliance

Faktor kecemerlangan atau brilliance dari berlian mengacu pada cahaya putih yang dipantulkan dari berlian. Ini adalah salah satu sifat optik berlian yang mencerminkan keindahan dan nilai sebuah berlian. Kecemerlangan berlian juga membentuk dasar dari kilauan dan kecerahannya.

Faktanya, berlian tidak secara alami bisa menghasilkan kilauan cahaya terang, namun ada beberapa faktor di balik kecemerlangannya. Kilau dihasilkan dari potongan berlian. Saat sudut potongan tepat, maka cahaya yang masuk ke batu dipantulkan kembali ke mata Anda.

Sudut yang dangkal memantulkan sebagian besar cahaya dari bagian bawah batu permata, sehingga menyebabkan kilauan yang redup. Potongan berlian terbaik adalah yang memantulkan cahaya dari bagian atas berlian sehingga menghasilkan kilauan yang memesona.

MONDIAL menawarkan rangkaian perhiasan secara eksklusif mulai dari berlian, emas, dan permata berharga lainnya. Jenis potongan, polesan, dan bentuk simetris yang sempurna didapat dari seleksi banyak butiran. Umumnya dari 100 berlian yang sudah jadi hanya ditemukan satu yang benar-benar memiliki proporsi Triple Excellent.

Temukan Perhiasan dengan Fancy Cut Diamond di MONDIAL

MONDIAL adalah destinasi utama untuk high-quality jewelry termasuk perhiasan dengan fancy cut diamond terbaik dengan standar internasional. Anda tak perlu ragu memercayakan semua perhiasan berlian kepada MONDIAL. Sebagai jewelry brand ternama sejak 1979, #MONDIAL selalu mengutamakan warisan makna dan keterampilan seniman dalam setiap hasil karyanya. Perhiasan #MONDIAL dirancang untuk Anda para wanita berkelas yang gemar tampil dengan prinsip # ImDifferent dalam mengekspresikan diri.

Fancy Cut Diamond Rings di Koleksi I Said MONDIAL

Langsung saja kunjungi butik-butik MONDIAL terdekat untuk mendapatkan perhiasan berlian eksklusif, termasuk koleksi #ISaidMONDIAL yang bertatahkan fancy shape diamonds. Butik #MONDIAL menyuguhkan atmosfer yang mewah bagi rangkaian perhiasan berkualitas tinggi.

Anda juga bisa mencari berbagai rekomendasi perhiasan dengan fancy colored diamonds melalui official website MONDIAL dan follow official Instagram MONDIAL !

More News

25/04/2024 Tips Tampil Manis saat Liburan dengan Anting Berlian Simple Model Stud
 
23/04/2024 Mengapa Berlian Paling Cocok untuk Cincin Couple Tunangan?
 
02/04/2024 Mengapa Diamond Jewellery Berkualitas Tinggi Perlu Sertifikasi?
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS