Ketahui Seberapa Berharga Perhiasan Berlian dari Diamond Color-nya

09/06/2023

Berlian adalah salah satu batu permata paling berharga dan terpopuler di seluruh dunia. Anda tentu sudah tahu kalau berlian memiliki pancaran kilau yang menawan dari pantulan cahaya dengan sisi-sisi pada berlian. Namun, tahukah Anda jika pantulan kilau berlian disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya diamond color. Diamond color hanya salah satu bagian yang menentukan kilau berlian, namun, diamond color level juga dapat menentukan nilai dari sebuah berlian.

Pada dasarnya, penilaian pada berlian berkualitas ditentukan dari empat faktor yang mempengaruhi yang dikenal dengan 4C. Penilaian 4C meliputi warna atau diamond color ( Color ), berat carat ( Carat ), kejernihan ( Clarity ), dan potongan ( Cut ). Setiap faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kualitas dan nilai berlian. Sistem ini dikembangkan oleh Gemological Institute of America (GIA) pada 1953 sebagai standar yang diakui secara internasional untuk menilai karakteristik berlian.

Artikel kali ini akan membahas secara khusus tentang salah satu faktor penentu 4C yakni Color atau diamond color. Simak selengkapnya!

Diamond Color , Salah Satu Aspek Penilaian 4C pada Berlian

Diamond color jadi salah satu faktor yang menentukan kualitas dari sebuah berlian. Warna atau color adalah bagian dari penilaian 4C (cut, carat, clarity, colour) . Semakin tinggi dan putih warna sebuah berlian, maka harganya akan semakin mahal. Diamond color grade dinilai berdasarkan seberapa jernih atau tidak berwarna sebuah berlian. Untuk berlian warna putih, kemunculan warna akan membuat batu mulia ini kurang disukai.

Diamond color seharusnya tampak putih atau tidak berwarna jika dilihat dengan kasat mata. Maka itu, salah satu aspek yang paling penting dari penilaian color adalah menentukan apakah tampak colourless dalam tampilan akhir berlian.

GIA menilai berlian dari D ke Z, dengan D adalah yang paling tidak berwarna, dan Z mengandung warna coklat atau kuning yang mencolok. Bagan warna berlian di atas ini menunjukkan bagaimana setiap kelas terlihat bersebelahan.

Diamond Color

Untuk mengetahui seberapa berharga perhiasan berlian Anda dari diamond color- nya, mintalah bantuan dari profesional. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan kualitas berlian. Termasuk memastikan berlian bebas dari pewarnaan yang menghilangkan atau mengganggu pantulan cahaya cemerlangnya. Daripada bingung, solusi terbaik adalah mencari perhiasan berlian di butik MONDIAL yang sudah pasti terjamin kualitasnya. Menyediakan koleksi high quality diamond jewelry yang mampu pancarkan kilauan tak tertandingi.

Setiap perhiasan #MONDIAL telah memenuhi kriteria 4C, termasuk dari sisi diamond color level dari GIA. GIA menilai diamond color dari D ke Z, dengan D adalah yang paling tidak berwarna, dan Z mengandung warna coklat atau kuning yang mencolok. Simak penjelasan selanjutnya berikut ini!

Diamond Color Level dari Penilaian GIA

Menurut  penilaian GIA, urutan warna berlian putih diukur dari rentang D-Z. Diamond color grade dibagi menjadi lima kategori utama, di antaranya:

  • Colourless (tidak berwarna),
  • Near Colourless (nyaris tidak berwarna)
  • Faint (sedikit tidak berwarna)
  • Very Light (cukup berwarna)
  • Light (terlihat jelas berwarna)

Koleksi Perhiasan dengan Diamond Color Terbaik dari MONDIAL Dreams

Berikut adalah diamond color grade atau tingkatan urutan warna berlian putih:

1. Colourless (D-F)

Diamond color grade yang tertinggi adalah di rentang D-F. Berlian D-F masuk dalam kategori colourless . Diamond color kategori ini termasuk golongan yang paling langka sehingga nilai berlian ini juga tentu paling tinggi bila dibanding diamond color golongan  lainnya.

2. Near Colourless (G-J)

Selanjutnya ada diamond color level G-J. Jenis berlian ini bisa dibilang mirip dengan berlian colourless. Banyak orang yang memilih opsi diamond color level G-J sebagai opsi alternatif dari berlian colourless . Berlian dengan tingkatan diamond color grade G-H lebih banyak ditemukan dibanding D-F.

3. Faint (K-M)

Diamond color level K-M masuk dalam rentang warna Faint . Berlian jenis ini kemungkinan menunjukkan sedikit warna kekuningan saat dilihat dari posisi menghadap ke atas.

4. Very Light (N-R)

Diamond color level N-R atau kategori Very Light memancarkan warna kekuningan pada yang terlihat lebih jelas dibandingkan dengan kategori Faint .

5. Light (S-Z)

Berlian dengan diamond color grade S-Z merupakan kategori Light , yakni tingkatan warna paling rendah untuk berlian putih. Warna kekuningan terlihat makin jelas walau hanya dilihat dengan kasat mata.

Cari Perhiasan dengan Diamond Color Terbaik di Butik MONDIAL!

Temukan koleksi perhiasan dengan diamond color terbaik pilihan Anda di butik MONDIAL. #MONDIAL telah mendapat pengakuan dari Gemological Institute of America (GIA) dengan predikat Triple Excellent: Cut, Polish , dan Symmetry . Jenis potongan, polesan, dan bentuk simetris yang sempurna didapat dari seleksi khusus dari banyak butiran. Umumnya, dari 100 berlian yang sudah jadi hanya ditemukan satu yang benar-benar memiliki proporsi Triple Excellent.

Perhiasan dengan Diamond Color Grade Pilihan dari MONDIAL

MONDIAL sebagai high-end jewelry brand sejak 1979 dikenal sebagai The Residence of F Color & F VVS Clarity , menawarkan rangkaian perhiasan secara eksklusif mulai dari berlian, emas, dan lainnya. Koleksi MONDIAL seperti #MONDIALDreams dan perhiasan emas dari Lini Frank Gold jadi pilihan yang bisa Anda temukan di butik MONDIAL. Desain perhiasan yang mengusung konsep #ImDifferent menjadikan perhiasan MONDIAL berbeda dan istimewa dibanding yang lain.

Kemewahan Perhiasan MONDIAL dengan Diamond Color Terbaik

Perhiasan #MONDIAL ditujukan untuk Anda, para wanita yang mengagumi koleksi perhiasan sebagai warisan turun temurun dan berani tampil beda. Wujudkan keinginan #alliwantismondial Anda untuk memiliki perhiasan berlian yang berkualitas tinggi. Temukan berbagai koleksi perhiasan dengan diamond color terbaik dan perhiasan lainnya di butik MONDIAL. Jangan lupa cek update terbaru perhiasan MONDIAL di official website MONDIAL dan follow Instagram @mondial .

More News

20/09/2024 Apa Makna Simbolis dari Pemberian Mahar Pernikahan ke Pasangan?
 
18/09/2024 Fakta Unik Cincin Nikah Two Tone Berhiaskan Berlian, Pas Buat yang Suka Tampil Beda
 
17/09/2024 4 Desain Cincin Tunangan yang Selalu Jadi Tren dari Tahun ke Tahun
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!