Cara Mengetahui Nilai Fancy Cut Diamond dari Color atau Warnanya

05/07/2023

Berlian adalah sahabat perempuan. Inilah ungkapan yang kerap dilontarkan untuk menggambarkan kemampuan berlian yang mampu menyempurnakan penampilan kaum hawa. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menilai kualitas sebuah berlian sebelum membelinya.

Perhiasan berlian dengan model fancy cut diamond terbaik selalu jadi incaran. Berlian dengan potongan yang sempurna mampu pancarkan kilauan tak tertandingi. Memilih perhiasan dengan fancy cut diamond yang baik memang perlu pemahaman khusus, terutama soal faktor penilaian berlian. Salah satu yang jadi parameter dalam penilaian kualitas sebuah berlian adalah dari sisi color /warnanya. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini ya!

Penilaian 4C pada Berlian

Pada dasarnya, ada empat faktor yang mempengaruhi keindahan berlian. Parameter pengukuran tersebut dikenal dengan 4C yakni; Color, Clarity, Cut, dan Carat. Sistem penilaian ini dikembangkan oleh Gemological Institute of America pada tahun 1953 sebagai standar internasional untuk menilai kualitas dan karakteristik berlian. GIA sendiri merupakan institusi terkemuka dengan sistem penilaian canggih untuk mengevaluasi karakteristik dan kualitas berlian.

Faktor Color, Clarity, Cut, dan Carat menentukan kualitas dan nilai suatu berlian. Dari keempatnya, salah satu faktor penting dalam penilaian Fancy Cut Diamond collection adalah sisi color atau warna dari berlian.

Perhiasan dengan fancy cut diamond dari Koleksi MONDIAL Dreams

Faktor ‘ Color’ dalam Penilaian Fancy Cut Diamond

Faktor warna berlian atau Color adalah salah satu parameter utama yang perlu diperhatikan sebelum membeli perhiasan berlian. Sebenarnya, warna pada berlian bisa muncul secara alami karena berbagai faktor, misalnya adanya tekanan tinggi, suhu tinggi, radiasi, dan lain-lain.

Semakin bening/tidak berwarna ( colorless ) suatu berlian, maka akan semakin tinggi pula nilainya. Berlian pada rentang tidak berwarna ( colorless ) adalah yang paling langka sehingga memiliki nilai yang sangat mahal. Berlian seharusnya tampak putih atau tidak berwarna dengan mata telanjang. Pastikan warna tidak mengalihkan atau mengganggu refleksi cahaya putih.

Koleksi MONDIAL Dreams dengan Fancy Cut Diamond Terbaik

Aspek paling penting dari penilaian color sebuah berlian adalah menentukan apakah berlian tampak colorless di tampilan akhirnya. Selain itu, para profesional juga menilai dengan memastikan bahwa berlian bebas dari pewarnaan, yang dapat menghilangkan atau mengganggu pantulan cahaya cemerlangnya. Pasalnya, kecemerlangan atau kilauan pada berlian tercipta dari cara berlian dipotong (faktor cut ). Bila terdapat pewarnaan pada berlian, hal ini dapat mengganggu pantulan kilauan berlian yang terbentuk dari potongan tersebut.

Skala Penilaian ‘ Color’ dalam Berlian

Faktor warna/ color pada berlian dinilai berdasarkan seberapa jernih atau tidak berwarna sebuah berlian. Gemological Institute of America (GIA) membagi skala warna berlian dari D hingga ke Z. Skala warna D pada berlian merupakan tingkat warna tertinggi yang berarti paling jernih/tidak berwarna. Sedangkan berlian dengan jejak warna paling banyak memiliki skala warna terendah yaitu Z. Berlian yang jernih tanpa jejak warna merupakan berlian yang terbaik.

Berikut skema diamond color menurut GIA.

Penilaian warna berlian diklasifikasikan menjadi lima kategori besar, yaitu:

  • Colourless (tidak berwarna): Skala D,E,F
  • Near colourless (nyaris tidak berwarna): Skala G, H, I, J
  • Faint yellow (sedikit tidak berwarna): Skala K, L, M
  • Very light yellow (cukup berwarna): Skala N, OP, QR
  • Light yellow (terlihat jelas berwarna); Skala ST, UV, WX, YZ

Perhiasan Fancy Cut Diamond Collection Terbaik Ada di Butik MONDIAL!

Cari perhiasan berlian terbaik? Sudah pasti MONDIAL jawabannya! Destinasi utama bagi high-quality jewelry, termasuk fancy cut diamond rings, dan perhiasan berlian & permata lainnya berstandar internasional. Koleksi perhiasan #MONDIAL telah memenuhi kriteria 4C dari GIA, sehingga Anda tak perlu ragu mempercayakan semua kebutuhan perhiasan kepada MONDIAL.

MONDIAL telah mendapat pengakuan dari Gemological Institute of America (GIA) dengan predikat Triple Excellent: Cut, Polish, dan Symmetry. Jenis potongan, polesan, dan bentuk simetris yang sempurna didapat dari seleksi banyak butiran. Umumnya, dari 100 berlian yang sudah jadi hanya ditemukan satu yang benar-benar memiliki proporsi Triple Excellent . MONDIAL yang dikenal sebagai The Residence of F Color & F VVS Clarity menawarkan rangkaian perhiasan secara eksklusif mulai dari berlian, emas, dan lainnya.

Lini Frank Gold yang Cantik dan Memesona

Sebagai jewelry brand ternama sejak 1979, #MONDIAL selalu mengutamakan warisan makna dan craftsmanship terbaik dalam setiap hasil karyanya. Perhiasan #MONDIAL dirancang untuk Anda para wanita berkelas yang gemar tampil dengan prinsip # ImDifferent dalam mengekspresikan diri.

Kunjungi butik-butik MONDIAL terdekat untuk mendapatkan perhiasan berlian eksklusif, seperti koleksi #MONDIALDreams dan Lini Frank Gold. Anda juga bisa mencari berbagai rekomendasi perhiasan dengan fancy cut diamond melalui official website MONDIAL dan follow official Instagram MONDIAL . Buat penampilan Anda makin istimewa dengan perhiasan MONDIAL karena #alliwantismondial!

More News

29/07/2024 Pesona Alam dalam Anting Emas Berlian yang Colorful, Mewarnai Daun Telinga Anda
 
27/07/2024 Rekomendasi Outfit yang Cocok dengan Liontin Emas Berhiaskan Berlian
 
25/07/2024 Model Anting Terbaru yang Sangat Different dari MONDIAL Bertema Hewan dan Bunga
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!