5 Makna Cincin Wanita di Setiap Jari, dari Jempol hingga Kelingking

09/02/2023

mondiual07

Perhiasan cincin wanita merupakan salah satu item fesyen yang banyak digunakan untuk menunjang penampilan. Tak hanya itu, cincin wanita berlian juga kerap menjadi simbol pengikat cinta yang digunakan dalam momen acara lamaran atau pertunangan. Prosesi ini menjadi simbol ikatan cinta yang akan semakin erat untuk menuju jenjang pernikahan dan membangun rumah tangga.

Tapi tahukah Anda, penggunaan perhiasan cincin tidak hanya di jari manis semata. Cincin wanita berlian misalnya, bisa dipakai dari jari jempol hingga kelingking. Penggunaan cincin wanita di masing-masing jari juga mewakili sebuah makna tersendiri.

Jari dan Makna Pemakaian Cincin

1.Cincin di Ibu Jari atau Jempol

Dalam mitologi Yunani, jari jempol yang dikenal sebagai ibu jari memiliki simbol ketekunan, tekad kuat, dan penonjolan diri. Jika cincin wanita digunakan di jempol bisa menjadi tanda si empunya berasal dari kalangan elit, kelas atas, atau orang kaya.

Memang, jempol adalah jari dengan lingkar paling besar dibanding jari lainnya. Untuk itu dibutuhkan material yang lebih banyak dan berat. Misalnya, logam mulia yang lebih berat dan deretan berlian yang lebih banyak mengelilingi cincin.

Alhasil harga cincin berlian wanita berlian mewah pun menjadi semakin mahal. Karenanya, hanya kalangan tertentu yakni di tingkat elit lah yang bisa memilih inspirasi cincin wanita berlian untuk ibu jari ini.

2.Cincin di Jari Telunjuk

Tidak jauh berbeda dengan ibu jari, cincin wanita yang dikenakan di telunjuk juga seringkali diasosiasikan dengan kaum bangsawan atau kerajaan. Sebab, jari telunjuk menyimbolkan ambisi, kepemimpinan dan kepercayaan diri.

Dalam perkembangannya, bagi orang awam, jari telunjuk umumnya dijadikan tempat untuk memasang cincin wanita berlian berdesain unik dan bold . Hal ini memperkuat fashion statement seseorang yang juga menunjukkan style dan kepribadiannya.

3.Cincin di Jari Tengah

Berdasarkan mitologi Yunani, jari tengah merupakan simbol keseimbangan. Selain itu, jari ini juga mewakili makna sebuah tanggung jawab. Karenanya, inspirasi cincin wanita berlian yang dikenakan di jari tengah sebenarnya tidak memiliki makna khusus selain karena untuk menarik perhatian semata.

Pengguna yang mengenakan cincin wanita di jari tengah ingin menunjukkan kecantikan perhiasan di tengah tangannya. Meski tidak bisa dinilai secara objektif, orang yang menggunakan cincin wanita berlian pada jari tengah juga kerap diasosiasikan sebagai orang yang bijak dalam mengambil keputusan.

4.Cincin di Jari Manis

Penyematan cincin wanita di jari manis adalah yang paling jamak ditemui. Terutama pada momen lamaran atau pertunangan di mana biasanya sang pria akan memberikan cincin di jari manis wanitanya.

Momen ini juga menjadi lambang romantisme sebuah hubungan yang akan melangkah menuju tahap selanjutnya; mahligai rumah tangga. Dalam budaya Inggris misalnya, cincin di jari manis kiri juga menjadi penanda seorang wanita sudah terikat pertunangan.

Sementara di negara-negara Barat khususnya Amerika Serikat, bisa juga berarti status pernikahan dan pertunangan. Adapun di budaya Asia atau timur orang yang sudah menikah akan mengenakan cincin wanita di jari manis kanan. Tidak hanya menunjukkan romantisme, jari manis dalam mitologi Yunani bermakna cinta sejati dan kreativitas.

5.Cincin di Jari Kelingking

Pemakaian cincin di jari kelingking pada pria populer pada abad 19 hingga awal 20-an. Penyematan cincin di jari paling mungil ini menjadi lambang status pernikahan. Namun seiring perkembangan zaman,  pemakaian cincin di kelingking kiri sebagai status pernikahan pun semakin jarang dilakukan.

Bahkan, kini memakai cincin di kelingking kiri lebih sering diasosiasikan dengan mafia. Meskipun, dalam mitologi Yunani, jari kelingking sendiri menyimbolkan intuisi, intelegensi dan persuasi.

Cincin Berlian Fancy dari MONDIAL

Inspirasi cincin wanita berlian dan pemilihan pemakaian di jari pun menjadi penanda status pemakainya. Tidak hanya sebagai statement look, cincin wanita berlian mewah misalnya menjadi daya tarik sendiri dengan kemewahan kilau berlian.

MONDIAL, brand perhiasan internasional ternama memiliki sederet koleksi perhiasan berlian mewah yang layak menjadi rekomendasi cincin wanita. Dalam koleksi Dreams terbarunya, MONDIAL merilis Fancy Bezel Tennis Ladies Ring dengan desain yang menawan.

berlian-fancy

Cincin wanita dari MONDIAL

Terdapat tiga desain dalam set perhiasan berlian wanita ini. Pertama, cincin wanita berlian mewah dengan nuansa white gold . Berat cincin mencapai 5,306 carat dengan round diamond yang mengelilingi cincin wanita ini.

Lalu, ada dua cincin wanita lainnya dengan nuansa rose gold yakni cincin wanita berlian mewah seberat 4,567 carat dengan 5 butir marquise diamond dan cincin wanita seberat 4,009 carat dengan 9 butir baguette dan oval diamond.

Puluhan Koleksi Perhiasan Berlian Mewah

Fancy Bezel Tennis Ladies Ring yang merupakan rekomendasi cincin wanita untuk Anda ini bisa ditemui di butik-butik MONDIAL yang tersebar di seluruh Indonesia. Perhiasan berlian asli ini termasuk dalam 16 cincin wanita berlian mewah dalam koleksi MONDIAL Dreams. Tidak hanya itu, ada pula perhiasan berlian mewah lainnya yakni dua bangles, 7 anting berlian mewah dan 12 pendant/pendant chains .

Anda juga bisa menemukan berbagai koleksi lengkap MONDIAL lainnya dengan mengunjungi laman website MONDIAL atau official Instagram MONDIAL !

More News

30/04/2024 Model Gelang Bangles yang Cocok untuk Outfit Liburan
 
29/04/2024 5 Kriteria Mengukur Clarity Berlian pada Cincin Pernikahan Mewah
 
28/04/2024 Kenali 4 Jenis Wedding Band untuk Cincin Nikah Berlian
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS