4 Hal Penting yang Harus Diketahui Pemula Saat Memilih Cincin Berlian Wanita

10/10/2023

Cincin berlian wanita kerap jadi pilihan untuk melengkapi penampilan. Kini ada berbagai model cincin berlian, mulai dari cincin berlian wanita simple , cincin berlian wanita solitaire , hingga yang mewah penuh detail.

Bagi pemula terhadap perhiasan, memilih model cincin berlian wanita mungkin terasa membingungkan. Dihadapkan dengan sejumlah pertanyaan, seperti apakah menggunakan bahan material asli dan terbaik, seperti apa potongan yang bagus, dan aspek-aspek lainnya. Nah, supaya Anda tidak salah dalam memilih cincin berlian wanita berkualitas, berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda.

Tips Jitu Memilih Cincin Berlian Wanita Berkualitas

Pada dasarnya, dalam memilih perhiasan berlian termasuk cincin berlian wanita berkualitas, Anda perlu memperhatikan aspek 4C, yaitu cut, clarity, colour, dan carat . Aspek 4C yang akan mempengaruhi kualitas dari cincin berlian wanita. Berikut penjelasan lebih lanjut:

1. Memilih kualitas cut berlian terbaik

Salah satu tips penting dalam memilih cincin berlian wanita yakni melihat dari aspek cut alias potongan. Potongan suatu berlian akan menentukan kualitas serta kilaunya. Pasalnya, bentuk dari cut berlian akan menentukan kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya.

Tingkatan cut berlian ada 5, diurutkan dari yang terendah yaitu poor, fair, good, very good, dan excellent . Semakin tinggi tingkat kualitas cut berlian, maka nilainya juga semakin tinggi.  Bentuk cut juga makin bervariasi jenisnya, seperti round, princess cut, emerald, cushion, oval, heart, pear, marquise, dan sebagainya.

2. Perhatikan aspek clarity dan colour

Selain potongan berlian, Anda juga perlu memperhatikan aspek clarity dan colour. Clarity adalah kejernihan berlian. Semakin jernih sebuah berlian, maka nilainya juga akan semakin tinggi. Tingkatan clarity berlian digolongkan dalam flawless, internally flawless, very very slightly inclusion, very slightly inclusion, slightly inclusion, dan imperfect. Opsi terbaik, pilih cincin berlian dengan clarity IF atau setidaknya VVS.

Colour mengacu kepada kualitas warna berlian. Rentang warna berlian dibagi dalam 5 kategori dengan golongan terbaik, yakni colourless (D-F), near colourless (G-J), faint (K-M), very light (N-R), dan light (S-Z).

3. Perhatikan carat berlian pada cincin

Carat jadi salah satu aspek yang perlu Anda perhatikan ketika memilih perhiasan atau cincin berlian wanita. Carat merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur berat berlian. Faktanya, pengukuran carat tak hanya digunakan untuk pengukuran standar carat berlian saja, tetapi juga sebagai ukuran standar untuk precious stone lainnya seperti ruby, sapphire , dan lainnya.

4. Pastikan cincin berlian wanita dilengkapi sertifikat

Tips selanjutnya, pilih butik perhiasan yang menyediakan sertifikat berlian pada setiap koleksinya. Sertifikat adalah cara untuk menguji keaslian sebuah berlian pada perhiasan. Pastikan juga sertifikat diterbitkan oleh lembaga internasional pengukur berlian ternama seperti GIA.

#MONDIAL sebagai brand perhiasan berlian high-end selalu menyediakan koleksi perhiasan berlian berkualitas, dengan sertifikat GIA serta sertifikat tambahan lainnya seperti sertifikat dari Sarine Technologies yang semakin menambah kelangkaan dan kualitasnya.

Memilih cincin berlian wanita memang menjadi hal yang dianggap sangat perlu kehati-hatian bagi para pemula yang belum terlalu memiliki pengetahuan luas mengenai perhiasan. Semoga tips-tips di atas bisa membantu Anda dalam memilih perhiasan seperti cincin berlian wanita berkualitas.

Bicara soal cincin berlian wanita, MONDIAL punya sejumlah koleksi perhiasan berlian yang menawan dan tak boleh Anda lewatkan. Terlebih dengan momen perayaan anniversary MONDIAL di bulan September lalu yang spesial menghadirkan koleksi MONDIAL Precious x Nicholas Saputra.

#MONDIALPrecious x Nicholas Saputra, Koleksi Perhiasan Berlian & Precious Stone Spesial MONDIAL Anniversary

Sebagai peringatan MONDIAL 44th Anniversary, MONDIAL mempersembahkan perhiasan kolaboratif hasil rancangan dari para expert MONDIAL bersama Nicholas Saputra. Koleksi bertajuk MONDIAL Precious x Nicholas Saputra, merupakan koleksi perhiasan dengan tatahan berlian dan precious stone yang disulap menjadi sebuah karya yang versatile dan tak lekang oleh waktu.

MONDIAL Precious adalah koleksi perhiasan eksklusif hasil kolaborasi antara MONDIAL dan Nicholas Saputra. Dirancang oleh Nicholas Saputra, koleksi ini merupakan cerminan dari apresiasinya yang mendalam terhadap precious stone , khususnya pada safir dan rubi.

Ketertarikan Nicholas Saputra terhadap batu mulia bermula saat ia berkunjung ke Sri Lanka yang dikenal sebagai "pulau permata". Terpikat oleh cerita unik dan warna dari precious stone yang mendorongnya untuk mulai mengoleksinya . Seiring berjalannya waktu, Nicholas Saputra membuat permata menjadi cincin dan perhiasan indah lainnya yang terus bertambah, dengan cerita tersendiri dan warna yang berbeda.

Inti dari koleksi #MONDIALPrecious x Nicholas Saputra terletak pada konsep " Simple Geometry ". Filosofi desain yang menangkap keanggunan melalui kesederhanaan, menggunakan bentuk dasar seperti segitiga, kotak, dan lingkaran sebagai dasar pola yang rumit. Dari filosofi desain ini terciptalah perhiasan versatile , glamor sekaligus subtle , yang cocok untuk berbagai gaya dan momen.

Salah satu koleksi dari MONDIAL Precious yang bisa jadi pilihan yakni MONDIAL Precious Enchante. Terinspirasi dari momen dalam pembuatan perhiasan bersama Nicholas Saputra, koleksi MONDIAL Precious Enchante mewakili keinginan MONDIAL agar para pemakai senang memiliki koleksi tersebut.

Salah satu koleksi cincin berlian wanita dari MONDIAL Precious Enchante yakni ladies ring ini. Koleksi cincin berlian wanita berkualitas dengan pesona yang begitu mewah diberi sematan 10 butir round F VVS diamonds dan princess cut blue sapphire.

Cincin Berlian Wanita Bertatahkan Safir Koleksi MONDIAL Precious Enchante

Cincin Berlian Wanita Bertatahkan Safir Koleksi MONDIAL Precious Enchante

Selain itu ada juga model cincin berlian wanita yang tak kalah cantik. Tampil mewah dan unik dengan tatahan 15 pieces round F VVS diamonds dan princess cut blue sapphire serta round ruby . Perpaduan yang sempurna untuk menghiasi jari-jemari Anda.

Model Cincin Berlian Wanita yang Mewah di Koleksi MONDIAL Precious

Model Cincin Berlian Wanita yang Mewah di Koleksi MONDIAL Precious

MONDIAL Excellent Cut (MEC) Ultimate, Berlian Berkualitas Tinggi Persembahan #MONDIAL

MONDIAL di bawah Central Mega Kencana hadir dengan berbagai koleksi perhiasan berlian unggulan, salah satunya MONDIAL Excellent Cut (MEC) Ultimate. Berlian MEC Ultimate adalah berlian pertama di dunia yang dipilih berdasarkan 49 kriteria dengan kualitas lebih tinggi dari GIA Triple Excellent yakni Beyond Triple Excellent.

MONDIAL Excellent Cut Ultimate adalah koleksi perhiasan berlian MONDIAL dengan kualitas terbaik, hasil seleksi ketat dari GIA. Tak hanya dinilai dengan prinsip triple excellent cut GIA, namun juga berdasarkan warna dan kejernihan, inklusi, serta karakteristik dalam jumlah minimal.

Berlian-berlian ini tergolong langka karena hanya 1% dari keseluruhan 4% berlian triple excellent. Kesempurnaan pancaran kilauan berlian MEC Ultimate makin menawan berkat adanya double certification ; yakni Human Graded (4C oleh GIA) dan Technology Graded (Light Performance-Ultimate oleh Sarine Tech ).

MONDIAL Excellent Cut Ultimate juga dilengkapi dengan sertifikasi dari Sarine Technologies yang memberi penilaian pantulan cahaya berlian atau light performance, yang membuktikan bahwa berlian ini memiliki light performance yang sangat baik sehingga menjadikannya perhiasan berlian berkualitas tinggi.

Terdapat dua proses dalam pemilihan berlian MONDIAL Excellent Cut Ultimate, yakni eksplisit atau proses seleksi ketat, dan implisit atau pemeriksaan fisik. Penilaian eksplisit dinilai dengan parameter penilaian lebih daripada Triple Excellent GIA, Inskripsi Laser MEC dan GIA, Matching Quality , dan Border Weight .

Sementara itu, penilaian implisit meliputi warna dan kejernihan terbaik, tidak ada Culet yang pecah, inklusi selektif, dan karakteristik luar selektif.

Berlian Berkualitas Tinggi MEC Ultimate, MONDIAL

Berlian Berkualitas Tinggi MEC Ultimate, MONDIAL

Kunjungi Butik MONDIAL dengan Suguhan Kemewahan Perhiasan Berlian Tiada Tara!

Butik #MONDIAL adalah destinasi utama Anda untuk mencari perhiasan berlian dan precious stone berkualitas tinggi. Dengan atmosfer kemewahan, MONDIAL menyediakan berbagai jenis perhiasan dengan kualitas, desain, dan craftsmanship terbaik. MONDIAL hadir dengan konsep #ImDifferent, menghadirkan perhiasan dengan fancy color, fancy shape, serta fancy construction yang menawan sebagai salah satu ciri utama yang menjadikannya sangat berbeda dari brand perhiasan lain.

Tunggu apa lagi? Kunjungi butik-butik #MONDIAL terdekat di kota Anda dan temukan berbagai koleksi perhiasan berkualitas tinggi, termasuk cincin berlian wanita. Jangan lewatkan juga kolaborasi spesial anniversary MONDIAL Precious x Nicholas Saputra di butik MONDIAL, ya! Tetap u pdate koleksi perhiasan terbaru MONDIAL di official website MONDIAL dan follow Instagram @mondial !

More News

03/05/2024 Tak Sekadar Tanda Pengikat, Cincin Couple Tunangan MONDIAL Bikin Penampilan Lebih Menawan
 
30/04/2024 Model Gelang Bangles yang Cocok untuk Outfit Liburan
 
29/04/2024 5 Kriteria Mengukur Clarity Berlian pada Cincin Pernikahan Mewah
 

BEYOND MONDIAL JEWELER

BOOK APPOINTMENT
diamond CONSULTATION
SHIPPING RETURN POLICY
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS