Stories

Hal-hal Yang Millenials Perlu Tahu ketika Membeli Perhiasan Berlian

Pencinta perhiasan yang lebih senior mungkin banyak yang sudah paham tentang beberapa hal mengenai berlian, namun lain halnya dengan para generasi muda seperti Millenials maupun Generasi Z yang lahir di awal tahun ’80-an sampai ’90-an. Mereka yang berada di rentang usia tersebut, meski sangat fasih teknologi dan terpapar informasi yang begitu banyak dari internet, kadang masih membutuhkan toko offline untuk melihat, menyentuh, dan memakai barang yang akan dibelinya. Contohnya saat membeli cincin kawin, mereka datang ke toko perhiasan maupun pameran pernikahan yang sedang banyak diadakan di berbagai kota di Indonesia untuk melihat sendiri cincin berlian yang yang akan dipilihnya.

Ketika sudah berada di toko, baru, deh, bingung. Sebenarnya apa, sih, yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli berlian? Berikut poin pentingnya:

Cutting atau Asahan.

Meski berlian yang diinginkan memiliki ukuran besar, namun jika tidak diasah dengan tepat dan presisi, pasti akan kehilangan nilainya. Ada 3 jenis cutting yaitu, shallow cut (asahan dangkal), deep cut (asahan terlalu dalam, dan yang terbaik di antara yang lain yaitu excellent cut, yang mampu memantulkan cahaya dengan sempurna.

Clarity atau Kejernihan

Semakin tinggi kejernihan suatu berlian, semakin tinggi pula nilainya. Perhatikan apakah berlian itu mengalami proses tertentu untuk meningkatkan kejernihannya. Ada beberapa berlian di pasaran yang memiliki pengisian retakan/facet dengan zat-zat yang tidak berwarna untuk menyembunyikan retakannya, ada juga yang menggunakan laser untuk mengurangi inklusi (tanda alam) demi meningkatkan penampilan berlian.

Bentuk berlian

Untuk kesan tangan ramping dan untuk pemilik jari kecil, berlian ukuran kecil dengan princess cut lebih cocok dipakai. Bentuk oval, pear, atau marquise bisa jadi pilihan untuk ilusi tangan yang panjang. Untuk jari berukuran lebar, bisa memilih fancy diamond shape. Sedangkan untuk tampilan lebih proporsional, bagi yang memiliki jari panjang dan kurus, bisa memilih berlian bentuk fancy, square, atau round dengan bentuk lebih tebal atau lebih dari satu barisan.

Warna Berlian

Besarnya nilai berlian juga dipengaruhi dari warna berlian. Menurut standar internasional, warna berlian dikelompokkan menjadi warna berlian putih bening (transparan) yaitu kelompok tingkat warna D, E, dan F, selebihnya dari G hingga Z warnanya akan semakin kuning keruh. Hal ini tidak berlaku untuk fancy diamond yang secara alami berwarna kuning, pink, atau hijau.

Berat Carat (Carat Weight)

Berat berlian di sini berbeda dengan besar sebuah berlian, melainkan berat berlian itu sendiri, bukan seberapa besar berlian itu. Satu karat berlian setara dengan 200 miligram, tergantung bentuk berlian dan bagaimana berlian itu diasah. Jika ada 2 buah berlian yang sama-sama 1 carat , bisa saja memiliki besar yang berbeda. Meski carat weight merupakan elemen yang dipertimbangkan dalam membeli berlian, namun keseluruhan tampilan dan kecemerlangannyalah yang seharusnya lebih penting.

Alami atau Sintesis

Berlian alami berasal dari kerak bumi yang sangat dalam, terpapar oleh temperatur dan tekanan tinggi selama jutaan tahun. Sementara berlian sintesis atau dibuat di laboratorium biasanya dapat diketahui dari harganya yang lebih rendah dari perhiasan berlian asli yang berasal dari tambang.

Sumber Berlian

Tanyakan pada tempat membeli cincin berlian, dari manakah berlian itu berasal. Apakah berlian itu berasal dari daerah konflik (conflict diamond atau blood diamond), di mana biasanya berasal dari tambang yang dijual untuk membiayai konflik sipil di negara-negara Afrika.

Sertifikasi Berlian

Sertifikat suatu berlian bisa dibilang seperti akte kelahiran sebuah batu berlian, isinya meliputi tanggal, bentu dan cutting, proporsi, tingkatan warna dan kejernihan, finishing, kualitas fluorescence atau pendar berlian ketika disinari, dan diagram yang menunjukkan inklusi berlian termasuk tipe dan lokasinya. Cek apakah sertifikasi berlian tersebut memiliki sertifikat grading dari lembaga independen.

Jaringan Penjualan dan Purnajual yang Luas

Semakin banyak outletnya makan benefit kamu semakin besar terutama buat kamu yang membeli wedding ring untuk digunakan seumur hidup. Pastikan tempat kamu membeli memiliki layanan perawatan dan reparasi seumur hidup, layanan buyback atau tukar tambah. Seperti ke-empat brand perhiasan lokal ini ; Mondial, Frank&co., Miss Mondial dan The Palace yang dapat dengan mudah ditemui di mal-mal besar terdekat di kotamu, dan tentunya memiliki kredibilitas yang sangat baik sebagai official partner De Beers Group di Indonesia.

 

Itulah hal-hal yang sekiranya perlu diperhatikan dalam membeli pehiasan berlian. Sebarkan informasi ini ke teman maupun saudara supaya mereka tak bingung lagi dalam menentukan berlian mana yang cocok untuknya.